Maemunah, Agustini (2015) MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK DI TK ANNISA MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1113313001 - COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1113313001 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (861kB) | Preview
1113313001 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
1113313001 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
1113313001 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1113313001 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1113313001 - BAB I.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
1113313001 - BAB V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
1113313001 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melaluipenerapan kegiatan bermain balok dapat meningkatkan kecerdasan visual spasialanak usia 4-5 tahun di TK AN NISA.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian dalampenelitian tindakan kelas adalah anak didik di kelompok A TK AN NISA yang terdiri dari10 anak dengan 3 laki-laki dan 7 perempuan. Objek penelitia adalah meningkatkankecerdasan visual spasial anak usia 4-5 tahun di TK AN NISA medan T.A 2014/2015.Kecerdasan visual spasial adalah adalah kemampuan untuk membentuk suatugambaran tentang tata ruang didalam pikiran. Kecerdasan ini meliputi kepekaanpada warna, garis, bentuk, ruang dan hubungan antar unsur-unsur tersebut. Anakdengan kecerdasan visual-spasial yang tinggi cenderung berpikir secara visual.Mereka kaya khayalan internal (internal imagery) sehingga cenderung imajinatifdan kreatif.Kecerdasan visual spasial yang akan ditingkatkan pada penelitian iniberkaitan dengan aspek binatang dan tanaman yang meliputi indikator sebagaiberikut : (1) Anak memiliki minat dan kepekaan terhadap garis warna, (2) anaksenang mengamati bentuk dan warna benda, (3) anak senang membuat contruksitiga dimensi dengan mainan, (4) anak mudah mengenali arah.Bermain balok adalah jenis mainan yang dapat digunakan untuk membuatbangunan rumah-rumahan, jembatan, mobil-mobilan dan lain-lain. Setiap modelmembutuhkan kemampuan untuk menemukan potongan atau kepingan balok-balok yangtepat untuk disusun, baik ukuran maupun bentuknya serta cara mengerjakan yang terbaikdidalam memasang-masangkannya. Setelah anak semakin tumbuh kepercayaan dirinya, iaiimulai dapat memikirkan tentang penggunaan dan kesesuaian untuk menciptakan modelmodelciptaannya sendiri.Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahlembar observasi tentang kecerdasan visual spasial selama berlangsungnyakegiatan. Lembar observasi adalah suatu teknik yang dilakukan dengan caramengadakan pengamatan secara teliti dan sistematis.Penelitian ini dilaksanakan di kelompok A TK AN-NISA Jl. Jangka No.18 Medan. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan, mulai dari persiapan,pelaksanaan tindakan dan penulisan laporan.Dengan kegiatan bermain balok dapat meningkatkan kecerdasan visual spasialanak usia 4-5 tahun di TK AN-NISA Medan pada sub tema binatang dan tanaman.Sebelum dilakukan tindakan kecerdasan visual spasial anak masih rendah, setelahdilakukan tindakan pada siklus I diperoleh data semua anak sudah cukup baik namun nilaiyang diperoleh anak masih belum mencapai hasil yang maksimal yaitu rata-rata nilaipersentase peningkatan 38%. Untuk mencapai tingkat keberhasilan, maka dilakukanperbaikan-perbaikan pengajaran pada siklus II yang pada akhirnya menghasilkan nilairata-rata sebesar 63%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.26 Mae u |
Keywords: | kecerdasan; visual spasial; balok;Bermain |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8091 |