Abriani, Pratiwi (2015) PENGARUH BERMAIN BANGUN GEOMETRI DATAR TERHADAP KECERDASAN VISUAL/SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKSANDHY PUTRA MEDAN T. A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103113040 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
1103113040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
1103113040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1103113040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
1103113040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103113040 BAB I.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
1103113040 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
1103113040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
1103113040 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: Imajinasi anak kurang berkembang dalammenyusun bangun geometri datar pada kelompok B TK Sandhy Putra-TelkomMedan Tahun Ajaran 2014/2015.Terbatasnya kreativitas guru dalam menggunakan media untuk menunjangkecerdasan visual/spasial anak pada kelompok B TK Sandi Putra-Telkom MedanTahun Ajaran 2014/2015.Hanya sekitar 5 dari 20 anak yang mampu menyusun bangun geometri datar,selebihnya anak masih belum mampu menyusun potongan-potongan bangungeometri datar sesuai dengan yang di ajarkan oleh guru pada kelompok B di TKSandi Putra-Telkom Medan Tahun Ajaran 2014/2015.Terdapat anak yang kurang teliti dalam kegiatan menyusun bangun geometridatar. Ini terjadi karena guru dan anak kurang konsentrasi dan tergesa-gesasehingga anak kurang memahami dalam kegiatan menyusun bangun geometripada kelompok B TK Sandi Putra-Telkom Medan Tahun Ajaran 2014/2015..Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitianeksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah True Eksperimental Design,dengan bentuk Postest-Only Control Design dalam model ini terdapat kelompokeksperimen dan kelompok kontrol yang dipilih secara random. Hasil penelitiandan pengolahan data pada sub bab sebelumnya maka dapat diambil kesimpulan,yaitu: hasil observasi kemampuan kecerdasan visual/spasial anak kelaseksperimen memiliki rata-rata 6,05 lebih besar dibandingkan dengan hasilobservasi kemampuan kecerdasan visual/spasial anak di kelas kontrol yangmemiliki rata-rata 3,3 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruhpenggunaan metode eksperimen terhadap kemampuan kecerdasan visual/spasialanak. Hasil uji hipotesis terbukti bahwa thitung (4,0263) > ttabel (1,68725). Haltersebut sesuai dengan hasil uji hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapatdinyatakan ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode eksperimenterhadap kemampuan kecerdasan visual/spasial anak.Dari hasil temuan penelitian tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa melaluikegiatan menyusun bangun geometri datar mempengaruhi kecerdasanvisual/spasial anak usia 5-6 tahun di TK Sandhy Putra Medan Tahun ajaran2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.26 Abr |
Keywords: | Anak; Geometri; Visual |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8089 |