Siagian, Febriyanti (2015) UPAYA MENGEMBANGKAN MEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DI PAUD MAWAR KELURAHAN PETISAH HULU MEDAN T.A 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103313027 - COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
1103313027 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (901kB) | Preview
1103313027 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1103313027 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
1103313027 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103313027 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103313027 - BAB I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
1103313027 - BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
1103313027 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah perkembangan kemampuankognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Mawar tidak sesuai dengan tahapanusianya. Beberapa penyebabnya antara lain : media yang tersedia di sekolahjumlahnya terbatas seperti puzzle, balok, plastisin, dsb. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui perkembangan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun diPAUD Mawar Kelurahan Petisah Hulu Medan T.A 2014/2015. Subjek penelitianini adalah anak kelas kelompok B yang berjumlah 20 orang (7 orang anak lakilakidan 13 orang anak perempuan).Hasil dari penelitian kemampuan kognitif anak pada siklus I pertemuan Iterdapat 5 orang anak (25%) tergolong cukup dan 15 orang anak (75%) tergolongkurang dan pada pertemuan ke 2 terdapat 11 orang anak (55%) tergolong cukupdan 9 orang anak (45%) tergolong kurang. Hal ini menunjukkan bahwasanya hasilbelum mencapai kriteria keberhasilan sehingga perlu dilakukan perbaikantindakan pembelajaran pencampuran warna dengan dengan car mengikutsertakananak dalam kegiatan eksperimen yang dilakukan. Hal ini dilakukan untukmembuat anak tertarik dalam kegiatan yang akan dilakukan. Kemudian padasiklus II pertemuan I terdapat 12 orang anak (60%) tergolong baik dan 8 oranganak (20%) tergolong cukup. Pada pertemuan 2 terdapat 7 orang anak (35%)tergolong sangat baik dan 13 orang anak (65%) tergolong baik.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melaluikegiatan pencampuran warna dapat menigkatkan kemampuan kognitif anak. Olehkarena itu, kegiatan pencampuran warna menggunakan metode eksperimen dapatditerapkan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan kognitifanak di kelas B PAUD Mawar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.26 Sia u |
Keywords: | Anak;Kognitif;Ekseperimen |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8082 |