PENGARUH BERMAIN BALOK TERHADAPKECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKA IKHLASIAHMEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Aini, Citra (2014) PENGARUH BERMAIN BALOK TERHADAPKECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKA IKHLASIAHMEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1103113007 COVER.pdf]
Preview
Text
1103113007 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 1103113007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
1103113007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[thumbnail of 1103113007 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
1103113007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 1103113007 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
1103113007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 1103113007 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
1103113007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of 1103113007 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
1103113007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 1103113007 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
1103113007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 1103113007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
1103113007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 1103113007 BAB I.pdf]
Preview
Text
1103113007 BAB I.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[thumbnail of 1103113007 BAB V.pdf]
Preview
Text
1103113007 BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 1103113007 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
1103113007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pengembangankecerdasan logika matematika anak terutama dalam kegiatan pembelajaran. Anakbelum tepat menyebutkan urutan bilangan, belum memahami konsepperbandingan banyak sedikit suatu benda, belum mampu mengelompokkanberdasarkan ciri-cirinya, belum memahami konsep pola, serta belum mengenalbentuk-bentuk geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhbermain balok terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun diTKA Ikhlasiah MedanMetode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen,dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian iniadalah seluruh anak di TKA Ikhlasiah Medan yang berjumlah 2 kelas yaitu kelasB1 dan B2 yang masing-masing kelas berjumlah 22 anak dan 18 anak. Sampelpada penelitian yaitu kelas B1 sebagai kelas eksperimen dan B2 sebagai kelaskontrol dengan teknik random sampling unit (kelas). Teknik pengumpulan datayang digunakan adalah observasi terstruktur, dan analisis data yang dilakukandalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dengan uji t dengan tarafnyata 􀟙 = 0,05Berdasarkan analisis data, nilai rata-rata yang diperoleh dalam penelitianpada kelas eksperimen yaitu 67,59 dengan nilai tertinggi 78 dan nilai terendah 55,sehingga kemampuan motorik halus anak tergolong dalam kategori sangat baik.Dan nilai rata-rata pada kelas kontrol 48 dengan nilai tertinggi 55 dan nilaiterendah 40, sehingga kemampuan motorik halus anak tergolong dalam kategoricukup baik. Berdasarkan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaranmelalui bermain balok berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan logikamatematika anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu9,328>1,7074 pada taraf α = 0,05. Dengan demikian bermain balok berpengaruhsecara signifikan terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun diTKA Ikhlasiah Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.7 Ain p
Keywords: Matematika;Kecerdasan;Anak;Bermain Balok
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 15 Aug 2016 07:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8077

Actions (login required)

View Item
View Item