Hanum, Sarifah (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODEL STOP THINK DO DI KELAS IV SD AL-ITTIHADIYAH KEC. MEDAN AREA TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1114311014 COVER.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
1114311014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
1114311014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
1114311014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
1114311014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
1114311014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
1114311014 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
1114311014 BAB I.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
1114311014 BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
1114311014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran stop think Do. Penelitian ini dilakukan di SD Al-Ittihadiyah Kec. Medan Area. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan model pembelajaran Stop Think Do dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SD Al-Ittihadiyah Kec. Medan Area. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Stop Think Do dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika pada materi sifat-sifat opersi hitung siswa kelas IV SD Al-Ittihadiyah Kec. Medan Area. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 25 siswa yang berasal dari siswa Kelas IV pada tahun ajaran 2013/2014. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara memberikan test. Dari hasil analisis data diperoleh 6 siswa (24%) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 19 siswa (76%) yang belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dari pretest diperoleh nilai rata-rata siswa 50,8. Dari hasil analisa data pada siklus I diperoleh 9 siswa (36%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 16 siswa (64%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 61,2. Dari hasil test pada siklus II diperoleh 24 siswa (96%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 82,8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Stop Think Do dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas IV SD Al-Ittihadiyah Kec. Medan Area. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Stop Think Do dapat meningkatkan hasil belajar pada materi sifat-sifat operasi hitung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Han u |
Keywords: | Hasil Belajar; Matematika; Model Pembelajaran; Stop Think Do |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8074 |