Simaremare, Hardinal (2015) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN TERHADAP PENGURANGAN PERILAKU AGRESIF PELAKU BULLYING SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BINJAI KAB LANGKAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103141025 COVER.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
1103151025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (771kB) | Preview
1103151025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
1103151025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
1103151025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
1103151025 BAB 1.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
1103151025 BAB V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
1103151025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Adakah pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik bermain peran terhadap pengurangan perilaku agresif pelaku bullying siswa kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Kab.Langkat Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik bermain peran dalam mengurangi perilaku agresif pelaku bullying siswa saat kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Kab.Langkat Tahun Ajaran 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah ekperimen semu dengan desain pre-test dan post-test. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dari siswa kelas XI yang berjumlah 35 siswa di SMA Negeri 1 Binjai Kab.Langkat tahun ajaran 2014/2015 sehingga diketahui 10 orang siswa yang akan diberikan layanan bimbingan kelompok. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket yaitu angket perilaku agresif siswa sebanyak 40 butir yang terlebih dahulu diujicobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid dan reliable. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji wilcoxon atau uji j yaitu untuk melihat apakah ada peningkatan pengurangan perilaku agresif siswa kelas XI SMA N 1 Binjai Kab. Langkat 2014/2015 . Hasil analisa yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai Jhitung = 21, Jtabel = 8. Dengan demikian, Jhitung > Jtabel yaitu 21 > 8. Data test awal (Pre-test) diperoleh rata-rata 65.6 sedangkan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik bermain peran (Post-test) diperoleh rata-rata 90.8, artinya rata-rata siswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran lebih tinggi dari pada sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran (90.8 > 65.6), artinya ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran terhadap pengurangan perilaku agresif pelaku bullying siswa kelas XI SMA N 1 Binjai Kab. Langkat 2014/2015. Ini berarti hipotesis yang berbunyi ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran terhadap pengurangan perilaku agresif siswa kelas XI SMA N 1 Binjai Kab. Langkat 2014/2015 di terima. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran dapat mengurangi perilaku agresif siswa kelas XI SMA N 1 Binjai Kab. Langkat 2014/2015 .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.46 Sim p |
Keywords: | Bimbingan Kelompok, teknik bermain peran, perilaku agresif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 01:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8069 |