Napitupulu, Masni Berliana (2014) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI GERAK DAN TARI DI TK FIRST ONE SCHOOL MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
109113034 COVER.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
109113034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (850kB) | Preview
109113034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
109113034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
109113034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109113034 BAB I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
109113034 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
109113034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
109113034 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah: (1) Kecerdasan kinestetik anak yang belum berkembang. (2)Kurangnya pemahaman pendidik dan orang tua dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak. (3)Anak masih bersifat pasif ketika diminta ikut dalam melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan kinestetik tubuh. (4)Media yang digunakan kurang menarik dan kurang bervariasi dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun melalui gerak dan tari di TK First One School Medan.Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK First One school Medan, yang berjumlah 25 anak yang terdiri dari 12 anak perempuan dan 13 anak laki-laki. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan kecerdasan anak usia 5-6 tahun melalui gerak dan tari di TK First One School Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan ( PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data yang dugunakan adalah observasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi perkembangan kreativitas anakdengan indikator sebagai berikut: Menuntun keseimbangan dan kelenturan otot, Merangsang kecerdasan gerakan tubuh, Mengasah kemampuan gerak dan sosial, Latihan fisik, Merangsang kesehatan dan pertumbuhan anak.Hasil observasi dan refleksi pada siklus I menunjukkan dari hasil penelitian siklus 1 terdapat sebanyak 4 orang anak (16%) tergolong sangat baik, 5 orang anak (20 %) tergolong baik, 9 orang anak (36 %) tergolong cukup baik dan 7 orang anak (28%) tergolong kurang baik. Sedangkan pada siklus II tidak terdapat anak yang tergolong kurang, terdapat sebanyak 5 orang anak (20%) tergolong cukup baik, 7 orang anak (28%) tergolong sangat baik, 11 orang anak (44%) yang tergolong baik sekali. Maka dapat dikatakan bahwa pada siklus II kecerdasan kinestetik anak mengalami peningkatan dibandingkan kondisi pada siklus I.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa gerak dan tari dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak. Oleh karena itu, kegiatan gerak dan tari dapat dijadikan salah satu alternatif dalam menigkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun di TK First One School Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Nap p |
Keywords: | kecerdasan; Kinestetik; Anak Usia 5-6; Gerak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 07:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8059 |