Misykah, Zulvia (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 101772 TANJUNG SELAMAT T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1112111009 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1112111009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (843kB) | Preview
1112111009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
1112111009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
1112111009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1112111009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1112111009 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1112111009 BAB I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
1112111009 BAB V.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
1112111009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPS. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW) pada pelajaran IPS materi pokok Usaha Mempersiapkan Kemerdekaan. T.A 2014/2015.Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku pada diri siswa, yang dapat diamati dan diukur dalam perubahan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik akibat interaksinya dengan lingkungan. Sedangkan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) adalah sebuah pembelajaran yang dimulai dengan berpikir melalui bahan bacaan (menyimak, mengkritisi dan alternatif solusi), hasil bacaannya dikomunikasikan dengan presentasi, diskusi dan kemudian membuat hasil laporan presentasi.Penelitian ini termasuk jenis penelitian tidakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa VB SD Negeri 101772 Tanjung Selamat tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 11 siswa Laki-laki dan 14 siswa Perempuan. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Tes yang diberikan bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan lembar observasi untuk menilai aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada pre tes dari 25 jumlah siswa tedapat 4 orang (16%) siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 36,30 dan sebanyak 21 orang (84%) siswa yang tidak tuntas dalam belajar, selanjutnya pada siklus I, 15 orang (60%) siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 66,68 sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 10 orang (40%). Pada siklus II sebanyak 22 orang (92%) siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata 89,33 dan 2 orang (4%) siswa yang tidak tuntas. Siklus I hasil observasi terhadap guru mencapai 78,88 hasil ini masih tergolong dalam kategori cukup, sedangkan hasil observasi pada siswa dalam aspek afektif dan psikomotorik mencapai 71,1 hasil ini juga tergolong dalam kategori cukup. Pada siklus II hasil observasi terhadap guru mengalami peningkatan yaitu nilai yang diperoleh sebesar 88,46 begitu juga pada hasil observasi siswa sudah mengalami peningkatan yaitu 82,6 hasil ini termasuk dalam kategori baik, sehingga secara klasikal kelas tersebut dinyatakan telah tuntas belajar karena telah memenuhi standar minimal 80% dari jumlah keseluruhan siswa yang mencapai ketuntasan belajar secara individual.Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunan model Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok usaha mempersiapkan kemerdekaan di kelas VB SD Negeri 101772 Tanjung Selamat T.A. 2014/2015. Sebagai tindak lanjut disarankan Kepada guru untuk dapat merancang dan menggunakan model Think Talk Write (TTW) dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 |
Keywords: | Hakekat Belajar; Model Pembelajaran Kooperatif; Metode TTW; IPs |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8051 |