Lubis, Wirda Hayatina (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PRESENTASI POWER POINT PADA SISWA KELAS V SDN 106825 BATANG KUIS T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1113111081 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1113111081 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (642kB) | Preview
1113111081 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1113111081 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
1113111081 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1113111081 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1113111081 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1113111081 BAB I.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
1113111081 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
1113111081 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).penelitian inibertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar matematika denganmenggunakan media presentasi power point khususnya pada materi sifat-sifatbangun datar di kelas VB SDN 106825 Batang Kuis semester 2 T.P 2014/2015.Penelitian ini dilakukan di SDN 106825 Batang Kuis, yang beralamat diJL. Pancasila No. 24 Batang Kuis Kab. Deli Serdang. Penelitian ini dilakukan dikelas VB pada tahun pelajaran 2014/2015 pada semester genap. Subjek penelitianini adalah siswa kelas VB yang bejumlah 38 orang yang terdiri dari 17 siswa lakilakidan 21 siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus Idan siklus II. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Sebelum dilakukantindakan, peneliti memberi pre-tes (tes awal) untuk mengetahui kemampuan awalsiswa dan untuk mengetahui gambaran-gambaran kesulitan yang dialami siswa.Kemudian dilakukan siklus I dan siklus II dengan pemberian post tes pada akhirsiklus, soal yang diberikan terdiri dari 20 soal dengan menggunakan bentuk soalpilihan berganda yang terdiri dari empat option.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan mediapresentasi power point khususnya pada materi sifat-sifat bangun datar dapatmeningkatkan hasil belajar siswa kelas VB SDN 106825 Batang Kuis T.P2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pada kondisi awal atausebelum diberi tindakan hanya terdapat 7 siswa (18,42%) yang tuntas dan 31siswa (81,58%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 51,45. Pada siklus Iterdapat 16 siswa (42,11%) yang tuntas dan sebanyak 22 siswa (57,89%) yangtidak tuntas dan nilai rata-rata kelas adalah 61,05 Selain itu diperoleh nilaiaktivitas guru pada siklus I sebesar 82,5 dengan predikat baik dan nilai aktivitassiswa pada siklus I sebesar 82,5 dengan predikat baik. Pada siklus II terjadipeningkatan, terdapat 35 siswa (92,11%) yang tuntas dan 3 siswa (7,89%) yangtidak tuntas dengan nilai rata-rata 75,53. Selanjutnya diperoleh nilai aktivitas gurupada siklus II sebesar 92,5 dengan predikat baik sekali dan nilai aktivitas siswapada siklus II sebesar 95 dengan predikat baik sekaliDengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan mediapresentasi power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran matematika khususnya pada materi sifat-sifat bangun datar di kelas VB
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Lub m |
Keywords: | Hasil Belajar; Media Presentasi Power Point, Materi Sifat; Bangun Datar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8049 |