Hasibuan, Saima Putri (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI MODEL THINK PAIR AND SHARE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 064016 BILAL UJUNG, KEC. MEDAN TIMUR T.A2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
36203 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
36203 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
36203 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
36203 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
36203 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
36203 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
36203 BAB I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
36203 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
36203 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Adapun masalah yang diteliti di sekolah ini adalah kurangnya minat siswadalam menulis cerita pendek, dikarenakan gurunya masih menggunakan metodeceramah yang membuat siswa merasa bosan sewaktu belajar. Sehingga penelitimemberikan solusi untuk menerapkan model think pair share untuk meningkatkanketerampilan menulis cerita pendek siswa di kelas V SDN 064016 bilal ujungsemester 2 T.A 2014/2015.Penelitian ini dilakukan di SDN 064016 bilal ujung, yang beralamat di JL.Bilal Ujung kec. Medan Timur Penelitian ini dilakukan di kelas v pada tahunpelajaran 2014/2015 pada semester genap. Subjek penelitian ini adalah siswakelas V yang bejumlah 32 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswaperempuan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiapsiklus terdiri dari dua pertemuan. Sebelum dilakukan tindakan, peneliti memberipre-tes (tes awal) untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan untukmengetahui gambaran-gambaran kesulitan yang dialami siswa. Kemudiandilakukan siklus I dan siklus II dengan pemberian post tes pada akhir siklus yaitudiminta agar siswa menuliskan cerita pendek dengan baik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model ThinkPair and Share khususnya pada materi cerita pendek datar dapat meningkatkanketerampilan menulis siswa kelas V SDN 064016 bilal ujung T.A 2014/2015.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pada kondisi awal atau sebelumdiberi tindakan hanya terdapat 4 siswa (12.50%) yang tuntas dan 28 (87,50%)siswa tidak tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 47.81 . Pada siklus I terdapat 14siswa (43,75%) yang tuntas dan sebanyak 18 siswa (56,25%) yang tidak tuntasdan nilai rata-rata kelas adalah 63.13 Selain itu diperoleh nilai aktivitas guru padasiklus I sebesar 82,5 dengan predikat baik dan nilai aktivitas siswa pada siklus Isebesar 82,5 dengan predikat baik. Pada siklus II terjadi peningkatan, terdapat 27siswa (84,38%) yang tuntas dan 5 siswa (15, 63%) yang tidak tuntas. Selanjutnyadiperoleh nilai aktivitas guru pada siklus II sebesar 97, 22 dengan predikat baiksekali dan nilai aktivitas siswa pada siklus IIsebesar 95 dengan predikat baiksekaliDengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan modelthink pair and share dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pendeksiswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi menulis ceritapendek siswa di kelas V SDN 064016 bilal ujung semester 2 T.P 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.62 Has p |
Keywords: | Menulis; Keterampilan; Cerita Pendek; Model TPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8046 |