Ginting, Maya Sari (2015) PENERAPAN METODE PENEMUAN (DISCOVERY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 101837 SUKAMAKMUR T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
36196 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
36196 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
36196 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
36196 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
36196 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
36196 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
36196 BAB I.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
36196 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
36196 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional (berpusat pada guru) sehingga keaktifan siswa dalam belajar masih kurang, siswa kurang mengetahui kegunaan dari materi pembelajaran dan mengangkap IPS sebagai pelajaran yang membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode penemuan (discovery) pada pembelajaran IPS dengan materi pokok pengaruh kondisi alam terhadap kegiatan ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 101837 Sukamakmur Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 31 siswa terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah metode penemuan (discovery) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi pokok pengaruh kondisi alam terhadap kegiatan ekonomi.Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada tes awal sebesar 35,48% atau sebesar 11 orang siswa mendapatkan nilai dalam kategori tuntas, dengan nilai rata-rata kelas sebesar 64,35. Setelah dilaksanakan siklus I, diperoleh peningkatan ketuntasan klasikal menjadi 58,06%% atau sama dengan 18 orang siswa mendapatkan nilai dalam kategori tuntas dengan nilai rata-rata kelas sebesar 73.71. Selanjutnya pada siklus II diperoleh peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 87,1%% atau 27 orang siswa termasuk ke dalam kategori tuntas dan nilai rata-rata kelas sebesar 83,06.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode penemuan (discovery) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi pengaruh kondisi alam terhadap kegiatan ekonomi di SDN 101837 Sukamakmur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Gin p |
Keywords: | Hasil Belajar; IPS; Discovery |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education > LA173 Higher education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8043 |