Hutasuhut, Latifah Andriani (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PLANTET QUESTION PADA TEMA KEPERLUAN SEHARI-HARI DI KELAS III SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
36193 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
36193 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
36193 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
36193 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
36193 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
36193 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
36193 BAB I.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
36193 BAB V.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
36193 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
Abstract
Adapun masalah-masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah: rendahnya keterampilan bertanya siswa disebabkan siswa pasif di dalam kelas, merasa bosan saat belajar terlihat dari kurangnya minat dan perhatian siswa terhadap guru pada saat pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas III SD Negeri 101766 Bandar Setia Tahun Ajaran 2014/2015 pada pelajaran tematik tema keperluan sehari-hari. Maka untuk mencapai tujuan dari penelitian ini, peneliti menggunakan metode pembelajaran Plantet Question. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 101766 Bandar Setia, pada siswa kelas III dengan jumlah siswa 30 orang, dengan jumlah murid perempuan sebanyak 17 dan siswa laki-laki 13 orang. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Dimana setiap pertemuan terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode plantet question dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas III SD Negeri 101766 Bandar Setia Tahun Ajaran 2014/2015. Dengan diperoleh data observasi awal siklus I dengan nilai rata-rata 46 dan 57, pada siklus I pertemuan I tidak ada siswa tergolong sangat terampil (0%), 5 siswa (17%) terampil, 15 siswa (50%) cukup terampil, dan 10 siswa (33%) kurang terampil. Pada siklus I pertemuan II belum ada siswa dalam kategori kategori sangat terampil (0%), 12 siswa (40%) terampil, 14 siswa (47%) cukup terampil dan 4 siswa (13%) kurang terampil. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 67 dan 80. Pada data siklus II pertemuan I sebanyak 4 siswa (13%) dalam kategori sangat terampil, 17 siswa (57%) terampil, 8 siswa (27%) cukup terampil, dan 1 siswa (3%) kurang terampil. Pada siklus II pertemua II, sebanyak 21 siswa (70%) sangat terampil, 8 siswa (27%) terampil, 1 siswa (3%) cukup terampil, dan tidak terdapat lagi siswa yang kurang terampil dalam bertanya (0%). Hasil pengamatan yang dilakukan terhadap guru dalam proses pembelajaran pada siklus I diperoleh nilai 2,4 dan 2,7 dengan kategori cukup baik. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai 3,4 dan 3,8 dengan kategori sangat baik. Maka kesimpulannya adalah dengan menggunakan metode Plantet Question dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas III SD Negeri 101766 Bandar Setia Tahun Ajaran 2014/2015. Metode pembelajaran Plantet Question dapat melatih siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Meskipun pertanyaan sengaja dibuat guru (rekayasa), dapat menambah pengetahuan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Hut p |
Keywords: | Bertanya; Indikator; Metode Planat Question; pengertian Keterampilan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8040 |