Hidayani, Windy (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIS, AUDITORY, VISUAL, AND INTELLECTUAL (SAVI) PADA TEMA PERTANIAN DI KELAS III SD NEGERI 107402 SAENTIS KEC. PERCUT SEI TUAN T.A 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
36189 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
36189 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
36189 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
36189 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
36189 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
36189 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
36189 BAB I.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
36189 BAB V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
36189 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Adapun masalah-masalah yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu: Rendahnya kemampuan membaca siswa, kegiatan membaca siswa hanya dilakukan ketika mereka ingin mambaca saja atau karena terpaksa, kurangnya pemahaman siswa terhadap apa yang ia baca, dan rendahnya kemampuan guru dalam menemukan bahan bacaan yang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa pada tema pertanian di kelas III. Maka untuk mencapai tujuan dari penelitian tersebut, peneliti menggunakan model pembelajaran Somatis, Auditory, Visual, and Intelectual (SAVI). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 107402 Saentis Kec. Percut Sei Tuan dengan jumlah siswa 28 orang. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus. Dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Analisis data menggunakan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Somatis, Auditory, Visual, and Intelectual (SAVI) dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa pada tema pertanian di kelas III SD Negeri 107402 Saentis Kec. Percut Sei Tuan T.A 2014/2015. Dengan diperoleh data pada tahap pre tes kemampuan membaca intensif siswa masih rendah, siswa yang berhasil mencapai ketuntasan hanya 6 orang atau sebesar 21,42% dari 28 siswa. Setelah itu dilakukan tindakan pada siklus I dan tindakan yang dilakukan mengalami peningkatan siswa yang tuntas dalam belajar bertambah menjadi 19 siswa atau sebesar 67,86%. Peningkatan yang terjadi dari pre tes ke siklus I sebesar 46,42%. Karena hasil dari siklus I belum optimal maka penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II juga terjadi peningkatan. Siswa yang tuntas dalam belajar bertambah menjadi 25 siswa atau sebesar 89,29%. Peningkatan yang tejadi pada siklus I ke siklus II sebesar 21,42%. Kemampuan guru dalam melaksanakan tindakan pada siklus I pertemuan I memperoleh nilai 38 termasuk pada kategori kurang, pertemuan II memperoleh nilai 59 termasuk kategori cukup. Sedangkan pada siklus II pertemuan I kemampuan guru meningkat dengan perolehan nilai 78 termasuk kategori baik, kemampuan semakin meningkat menjadi kategori sangat baik dengan perolehan nilai mencapai 91.Maka kesimpulannya adalah dengan menggunakan model pembelajaran Somatis, Auditory, Visual, and Intelectual (SAVI) dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa pada tema pertanian di kelas III SD Negeri 107402 Saentis Kec. Percut Sei Tuan T.A 2014/2015. Model pembelajaran Somatis, Auditory, Visual, and Intelectual (SAVI) dapat membuat siswa menjadi aktif dan mampu meningkatkan kemampuan membacanya dalam berbagai bahan bacaan yang bervariasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.4 Hid p |
Keywords: | membaca intensif; jenis- jenis membaca; indikator membaca; model pembelajaran SAVI |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8038 |