Wijaya, Sukrisna (2015) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 050701 SECANGGANG T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
36188 COVER.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
36188 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (675kB) | Preview
36188 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
36188 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
36188 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
36188 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
36188 BAB I.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
36188 BAB V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
36188 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
36188 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan dari rendahnya motivasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 050701 Secanggang pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan model Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA pokok bahasan pembentukan tanah di kelas V SD Negeri 050701 Secanggang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPA pokok bahasan pembentukan tanah.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Secanggang sebanyak 34 orang siswa yang terdiri dari 22 orang siswa perempuan dan 12 orang siswa lak- laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan menguraikan persentase- persentase pada setiap siklus.Berdasarkan analisis data, pada kondisi awal diperoleh hasil angket siswa sebanyak 6 siswa (17%) yang sangat termotivasi dan 28 siswa (83%) yang belum termotivasi. Pada Setelah Siklus II sebanyak 31 siswa (91%) sangat termotivasi dan 3 siswa (9%) telah termotivasi pada pelajaran IPA. Pada Siklus I sebanyak 19 siswa (56%) telah termotivasi, 13 siswa (38%) yang cukup termotivasi, 2 siswa (6%) belum termotivasi serta secara klasikal motivasi siswa mencapai 56% dan tergolong cukup termotivasi. Pada Siklus II terdapat 29 siswa (85%) tergolong sangat termotivasi, sebanyak 3 siswa (9%) telah termotivasi, dan 2 siswa (6%) cukup termotivasi pada pelajaran IPA serta secara klasikal motivasi siswa mencapai 94% dan tergolong sangat termotivasi mengikut pelajaran IPA. Pada Siklus I diperoleh nilai observasi guru ketika mengajar yaitu 71,66 dengan criteria baik dan pada Siklus II diperoleh nilai observasi guru ketika mengajar yaitu 88,33 dengan criteria sangat baikDengan demikian berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penggunaan model Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA pokok bahasan pembentukan tanah di kelas V SD Negeri 050701 Secanggang T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Wij m |
Keywords: | pengertian motivasi belajar; jenis- jenis motivasi; model pembelajaran; teams games tournament; pembentukan tanah |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8037 |