MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD TAMAN PENDIDIKAN ISLAM (TPI) AMPLAS T.A 2014/2015

Aristantya, Annisa (2015) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD TAMAN PENDIDIKAN ISLAM (TPI) AMPLAS T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1113111004 COVER.pdf]
Preview
Text
1113111004 COVER.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 1113111004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
1113111004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 1113111004 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
1113111004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 1113111004 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
1113111004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 1113111004 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
1113111004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 1113111004 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
1113111004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 1113111004 BAB I.pdf]
Preview
Text
1113111004 BAB I.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 1113111004 BAB V.pdf]
Preview
Text
1113111004 BAB V.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 1113111004 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
1113111004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode course review horay dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya kelas V SD TPI Amplas dengan menggunakan metode Course Review Horay (CRH) T.A 2014/2015. Adapun defenisi operasional variabel dalam penelitian ini, yaitu : aktivitas belajar merupakan segala kegiatan yang dilakukan oleh siswa khususnya pada pembelajaran IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya, yang termasuk di dalamnya adalah aktivitas membangun pengetahuan konseptual; aktivitas membangun pengetahuan procedural; dan aktivitas membangun pengetahuan ekspresi. Metode course review horay merupakan suatu metode pembelajaran dengan pengujian pemahaman siswa dimana guru memberikan informasi kompetensi, menyajikan materi, melakukan tanya jawab untuk pemantapan, siswa atau kelompok menuliskan nomor sembarang dan dimasukkan ke dalam kotak, guru membacakan soal yang nomornya dipilih acak, siswa yang punya nomor sama dengan nomor soal yang sibacakan guru berhak menjawab, jika jawaban benar diberi skor dan siswa menyambutnya dengan yel hore atau yang lainnya, pemberian reward, penyimpulan, dan evaluasi, refleksi.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD TPI Amplas yang berjumlah 25 orang, 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi. Adapun yang dianalisis dalam lembar observasi adalah aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung.Sebelum melaksanakan penelitian, peneliti melakukan observasi di kelas V-C. Rata-rata kelas pada hasil observasi prasiklus adalah 12% dari 25 siswa. Setelah dilaksanakan siklus I dengan menerapkan metode course review horay (CRH) nilai rata-rata kelas menjadi 20% dari 25 siswa dan aktivitas guru melaksanakan pembelajaran memperoleh hasil 3 dan tergolong cukup baik.Dari siklus I terdapat 4 siswa (16%) yang tergolong rendah, 16 siswa (64%) yang tergolong sedang, 5 siswa (20%) yang tergolong tinggi. Namun, karena siklus I belum menunjukkan peningkatan, manka dilakukan siklus II. Pada siklus II rata-rata kelasnya menjadi 84% dari 25 siswa dan aktivitas guru melaksanakan pembelajaran memperoleh hasil 4 dan sudah tergolong baik. Dari jumlah 5 siswa, 4 siswa (16%) tergolong sedang, 15 siswa (60%) tergolong tinggi, dan 6 siswa (24%) tergolong sangat tinggi. Dengan demikian terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode course review horay pada mata pelajaran IPA kelas V SD TPI Medan T.A 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.35 Ari m
Keywords: aktivitas belajar; metode course review horay; metode pembelajaran; hakikat IPA; cahaya dan sifat- sifatnya
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC901 Islamic education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 04 Aug 2016 02:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8035

Actions (login required)

View Item
View Item