Lubis, Ahmad Munawar (2015) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI NO. 064972 MEDAN, T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
36185 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
36185 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
36185 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
36185 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
36185 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
36185 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
36185 BAB I.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
36185 BAB V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
36185 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan observasi minat belajar. Angket digunakan untuk mengetahui sejauh mana minat belajar siswa terhadap belajar IPA. Observasi digunakan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Inside-Outside Circle dalam upaya meningkatkan minat belajar Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri No 064972 Medan.Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing masing terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Satu siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum dilakukan siklus I, hasil pemberian angket minat belajar awal siswa kepada 36 siswa adalah 58,78%. Pada kegiatan belajar pertemuan I di Siklus I minat siswa tergolong rendah, dengan hasil lembar observasi siswa 55,56. Berdasarkan observasi ditemukan 26 siswa (72,22%) yang minat belajarnya rendah, 10 siswa (58,33%) yang minat belajarnya sedang. Pada kegiatan belajar pertemuan II di Siklus I minat siswa tergolong sedang, dengan hasil lembar observasi siswa 62,76. Berdasarkan observasi ditemukan 11 siswa (30,56%) yang minat belajarnya rendah, 21 siswa (58,33%) yang minat belajarnya sedang dan 4 siswa (11,11%) yang minat belajarnya cukup, artinya di siklus II perlu diberikan perbaikan.Pada kegiatan belajar pertemuan I di Siklus II minat siswa tergolong Cukup, dengan hasil lembar observasi siswa 76,04. Berdasarkan observasi ditemukan 33 siswa (91,67%) yang minat belajarnya cukup, 3 siswa (8,33%) yang minat belajarnya tinggi. Pada kegiatan belajar pertemuan II di Siklus II minat siswa sudah tergolong tinggi, dengan hasil lembar observasi siswa 85,50. Berdasarkan observasi ditemukan 2 siswa (5,55%) yang minat belajarnya cukup, 32 siswa (58,33%) yang minat belajarnya tinggi dan 2 siswa (5,55%) yang minat belajarnya sangat tinggi, artinya sudah sesuai dengan yang diharapkan maka pemberian tindakan dapat dihentikan.Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Inside-Outside Circle pada pelajaran IPA materi Makhluk Hidup dan Lingkungannya di Kelas IV SD Negeri No. 064972 Medan dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Lub m |
Keywords: | minat belajar; pembelajaran kooperatif; inside-outside circle; model pembelajaran KIOC; makhluk hidup dan lingkungannya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8034 |