Siregar, Rizkinanta (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DI KELAS IV SD NEGERI 060874 MEDAN PERJUANGAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
36173 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
36173 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
36173 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
36173 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
36173 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
36173 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
36173 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
36173 BAB I.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
36173 BAB V.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
36173 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
36173 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA dikelas IV SD Negeri 060874 Medan Perjuangan ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dengan menggunakan penggunaan model pembelajaran Picture and Picture. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas pelaksanaan penelitian ini yang terdiridari dua siklus dimna setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.penelitian ini dilakukan emapat kali pertemuan,pada siklus I pertemuan pertama dan kedua pada siklus II pertemuan ketiga dan keempat.dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi untuk guru dan untuk siswa selama proses belajar mengajar berlangsung. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 42 orang siswa laki – laki maupun perempuan di SD Negeri 060874 Medan Perjuangan. Objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan model pembelajaran Picture and Picture pada mata pelajaran IPA. Adapun alat yang digunakan untuk pengumpulan data siswa adalah melakukan observasi dan test hasil belajar siswa untuk mengetahui kondisi dan kelemahan belajar siswa serta kendala – kendala yang dihadapi siswa selama proses belajar mengajar berlangsung. Hasil penelitian pada pertemuan awal adalah nilai rata – rata 40,23, dan siswa yang tuntas belajar hanya 12 orang (28,57 %) , pada post test siklus I nilai rata – rata siswa adalah 54,64 dan siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 23 orang siswa (54,76 %). Pada post test siklus II nilai rata – rata siswa adalah 93,09 dan siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 42 orang siswa (100 %). Maka dapat diketahui bahwa dari pertemuan awal, siklus I hingga siklus II telah mengalami peningkatan. berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Picture and picture pada pokok bahasan sumber daya alam dapat meningkat di kelas IV SD Negeri 060874 Medan Perjuangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sir m |
Keywords: | hasil belajar; model pembelajaran; pembelajaran picture and picture; sumber daya alam dan hasilnya; mengelompokkan benda berdasarkan asalnya; benda yang berasal dari hewan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8022 |