Ningsih, Trya Syahfitri (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MKENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 040444 KABANJAHE T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
36168 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
36168 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
36168 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
36168 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
36168 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
36168 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
36168 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
36168 BAB I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
36168 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
36168 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
36168 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi peristiwa alam beserta dampaknya di kelas V SD Negeri 040444 Kabanjahe. Dari hasil observasi, siswa tidak berani menyampaikan ide pendapatnya, siswa tidak menggunakan bahasa yang benar, siswa tidak memiliki kemampuan memberikan penjelasan yang berhubungan dengan fakta dan logika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas belajar siswa, dan respon siswa terhadap model pembelajaran SFAE. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 040444 kabanjahe T.A 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang siswa pada semester II. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.Peningkatan kemampuan berpikir kritis dapat dilihat dari hasil observasi yang dilakukakn yaitu peningkatan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 21,65 % menjadi 76,6 % pada siklus II. Hasil obsevasi terhadapt guru dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining juga meningkat yaitu nilai rata-rata pada siklus I 72,5 (tinggi) menjadi 93,3 (sangat tingg) pada siklus II. Selain itu penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining juga dapat meningkatkan aktivitas belajar dan respon siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Nin p |
Keywords: | pembelajaran kooperatif; student facilitator and explaining; pembelajaran IPA; kurikulum IPA; gempa bumi; gunung meletus; peristiwa alam beserta dampaknya |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8017 |