Sinaga, Elfina (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI MENGHITUNG VOLUME KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SD DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI SD NEGERI NO. 101765 BANDAR SETIA KEC.PERCUT SEI TUAN T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
36160 COVER.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
36160 LEMBAR PERSETUJUAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
36160 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
36160 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
36160 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
36160 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
36160 BAB I.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
36160 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
36160 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
36160 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No. 101765 Bandar Setia Kec. Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode pembelajaran sebagai sasaran utama bertujuan untuk meningkatkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Demonstrasi pada materi menghitung volume kubus dan balok di kelas V SD Negeri No. 101765 Bandar Setia Kec. Percut Sei Tuan dan untuk mengetahui perbedaan belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran dengan yang tidak menggunakan metode pembelajaran. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan observasi. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tugas dengan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri No. 101765 Bandar Setia Kec. Percut Sei Tuan, dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran yang menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar. Dari hasil penelitian ini dapatdiketahui, bahwa dari 29 orang siswa pada tes awal yang belum mencapai tingkat ketuntasan belajar sebanyak 27 orang siswa dengan persentase 93%. Sedangkan siswa yang mencapai tingkat ketuntasan sebanyak 2 orang dengan persentase 7%. Pada perolehan hasil Siklus I siswa yang belum mencapai tingkat ketuntasan belajar sebanyak 14 orang dengan persentase 48%. Sedangkan siswa yang mencapai tingkat ketuntasan sebanyak 15 orang dengan persenatse 52%. Pada perolehan hasil Siklus II jumlah siswa yang belum mencapai tingkat ketuntasan belajar sebanyak 2 orang dengan persentase 6%. Sedangkan siswa yang mencapai tingkat ketuntasan sebanyak 27 orang dengan persentase 93%. Dari hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi pokok Menghitung Volume Kubus dan Balok di kelas V SD Negeri No.101765 Bandar Setia Kec.Percut Sei Tuan T.A 2014/2015.i
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Sin m |
Keywords: | Belajar; Kognitif,Apfektif; Psikomotorik; Matematika; Metode Demontrasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8009 |