Ginting, Indri Asnita (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI (SPI) DI KELAS V SD NEGERI NO 1018925 DUIRIAN TUNGGAL KECAMATAN PANCUR BATU T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1113311021 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. 1113311021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
3. 1113311021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4.1113311021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. 1113311021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
6 .1113311021DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (92kB)
7. 1113311021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
9. 1113311021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
10. 1113311021 BAB I.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
14. 1113311021 BAB V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
15. 1113311021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
16. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Inkuiri (SPI) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pengaruh Gaya dan Macam-macam Gaya di Kelas V SD Negeri No 101825 Durian Tunggal Kec Pancur Batu T.A 2014/2015”Permasalahan hasil belajar siswa dilihat ketika memperoleh informasi hasil nilai ulangan harian Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD Negeri No 101825 Durian Tunggal masih dikatakan kurang memuaskan dikarenakan dari 38 siswa di kelas V tersebut hanya 8 siswa saja yang tuntas belajar dengan nilai KKM SD tersebut ≥70. Sedangkan yang tidak tuntas 30 siswa. Permasalahan ini dipengaruh oleh dua factor yaitu factor internal dan eksternal dari siswa. Factor internal siswa antara lain: siswa kurang aktif dalam belajar, kurangnya rasa percaya diri siswa menjawab pertanyaan dari guru dan kebiasaan dari siswa yang buruk. Sedangkan factor eksternal siswa antara lain: peranan guru lemah sebagai Pembina kegiatan pembelajaran, menyesuaikan strategi pembelajaran, menyediakan sarana dan prasaran bagi siswa. Kedua factor tersebut sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti menggunakan strategi penmbelajaran inkuiri pada penelitian ini agar dapat informasi yang baik.Tujuan Peneliti Mengadakan Penelitian adalah, Sebagai berikut: (1) Untuk mendapatkan informasi tentang peningkatan hasil selajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam IPA kelas V SD Negeri No 101825 Durian Tunggal Kec. Pancur Batu, (2) Untuk menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan dan menimbulkan keaktifan murid,(3) Untuk mendapatkan informasi cara pembelajaran yang baik bagi guru. (4) Untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa akan pelajaran IPA pada materi ajar tertentu, dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI)Subjek Penelitian dalam penelitian ini adalah adalah siswa kelas V SD Negeri No. 101825 Durian Tunggal Kecamatan Pancur Batu yang berjumlah 38 orang. Objek Penelitian Objek Penelitian ini adalah tindakan guru dalam penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat. Hasil Pre test siswa dengan nilai rata-rata 55.00, nilai post test I Siklus I 69,73 dan nilai hasil belajar siswa Post Test II 86,71. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi Pengaruh Gaya dan Macam-macam Gaya di kelas V SD Negeri No101825 Durian Tunggal kecamtan Pancur Batu kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Gin m |
Keywords: | hasil belajar; strategi pembelajaran inkuiri; IPA; gaya; macam- macam gaya |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 06:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7997 |