Cahyana, Ria (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTRUE PADA TEMA LINGKUNGAN DI KELAS II SDN 104230 TA. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1113311037 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. 1113311037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
3. 1113311037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4. 1113311037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
5. 1113311037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
6. 1113311037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. 1113311037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. 1113311037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. 1113311037 BAB I.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
13. 1113311037 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
14. 1113311037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada tema lingkugan, guru hanya menggunakan model ataupun metode pembelajaran ceramah yang memusatkan kegiatan hanya pada guru sementara siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar pada tema lingkungan di Kelas II SDN 104230 Tanjung Sari TA. 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 104230 Tanjung Sari yang berjumlah 40 siswa, yang terdiri dari 19 perempuan dan 21 laki-laki. Adapun prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus. Dimana siklus I terdiri dari perncanaan,tindakan,observasi dna refleksi, dimana siklus II lebih memfokuskan penggunaan model Picture and picture. Untuk memperroleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskripsi setiap item yang di observasi.Setelah dilaksanakan pre tes hasil tes awal di peroleh rata-rata nilai kemampuan awal siswa sebesar 40,5%, dengan kategori kurang, ketuntatasan siswa hanya terdapat 5 siswa dari 40 siswa denngna rata-rata 12,5%,dengan ketidak tuntasan 87,5% terdapat 35 siswa dari 40 siswa. Setelah di lakukan siklus I, hasil postes meningkat,penguasaan siswa meningkat menjadi rata-rata 62,75% dan secara klasikal siswa belum mencapai ketuntasan dalam belajar dengan ketuntasan 17 siswa dari 40 siswa sementara ketidaktuntasan sebanyak 23 dari 40 siswa dengan persentase 57,5%. Dan hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I sebesar 58% dengan kategori kurang. Selanjutnya setelah di lakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan memfokuskan penggunaan model Picture and picture,tingkat keberhasilan meningkat menjadi rata-rata 81,25%. 36 orang tuntas dengan ketuntasan klasikal 90% atau secara klasikal siswa telah mencapai ketuntasan belajar. Dna hasil observasi kegiatan siswa pada siklus II sebesar 83% dengan kategori baik.Dengan demikian maka dapat di simpulkan kegiatan pembelajaran menggunakan model picture and pciture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN 104230 Tanjung Sari TA. 2014/2015 pada tema lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.071 Cah m |
Keywords: | hasil belajar; model pembelajaran; pembelajaran picture and picture; pembelajaran tematik; tema lingkungan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7995 |