Pasaribu, Hardiman (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SDN 030346 HUTAGUGUNG T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1113111024 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. 1113111024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
3. 1113111024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4. 1113111024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
5. 1113111024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. 1113111024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7 . 1113111024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. 1113111024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. 1113111024 BAB I.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
13. 1113111024 BAB V.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
14. 1113111024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa dan kecenderungan guru menggunakan metode konvesional pada pelajaran IPA SD Negeri 030346 Hutagugung menjadi masalah yang diteliti dalam penelitian ini. Dalam mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA pada materi Cahaya dan Sifat-sifatnya. Penelitian ini bertujuan meninhgkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas V SDN 030346 Hutagugung Tahun Ajaran 2014/2015.Problem based learning adalah model pembelajaran yang mendorong siswa untuk belajar dan bekerjasama dalam kelompok untuk mencari penyelesaian masalah-masalah di dunia nyata. Dalam problem based learning, sikap siswa seperti pemecahan masalah, berpikir, bekerja kelompok, komunikasi dan informasi berkembang secara positif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari 40 siswa pada pre test terdapat terdapat 12 orang siswa ( 30% ) yang tuntas dalam belajar dan 28 orang siswa ( 70%) yang belum tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata 53. Setelah melakukan pretes, penelian melakukan tindakan dalm siklus I dan di akhir siklus I di peroleh Data dari post test I di dapatkan hasil belajar dimana sebanyak 23 orang siswa ( 57.5 % ) telah mengalami ketutansan belajar, namun hasil tersebut belum mencapai ketuntasan klasikal sehingga selanjutnya dilaksanakan tindakan siklus II. Dalam Siklus II pada post tes II didapatkan penngkatan hasil belajar dengan 37 orang siswa (92,5 %) telah menjapai ketutasan belajar dan mencapai ketuntasan secara klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Cahaya dan Sifat-sifatnya di kelas V SD Negeri 030346 Hutagugung tahun ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Pas m |
Keywords: | hasil belajar; problem based learning; model pembelajaran; cahaya dan sifat- sifatnya; sumber cahaya |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7992 |