Fauzi, Ahmad (2015) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA PADA PELAJARAN PKN KELAS IV SD NEGERI NO. 091 PANYABUNGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 108313007 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2 108313007 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
3 108313007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
4 108313007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
5 108313007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6 108313007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
7 108313007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
8 108313007 BAB I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
9 108313007 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
10 108313007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada pelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan menerapkan penggunaan metode sosiodrama untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn.Variabel dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa dan metode sosiodrama. Motivasi adalah keseluruhan daya penggerak yang ada dalam diri siswa, sedangkan Sosiodrama adalah suatu metode yang mendramatisasikan bentuk tingkah laku dalam hubungan sosial.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran PKn. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No. 091 Panyabungan dengan subjek penelitian adalah siswa dan siswi kelas IV SD Negeri No. 091 Panyabungan yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Dimana setiap siklus dua kali pertemuan. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil observasi pada siklus I, motivasi belajar siswa secara klasikal tergolong sedang yaitu 58,62%. Dan terdapat 12 siswa (41,37%) motivasi belajar rendah. Kemudian dilakukan pengembangan pada siklus II. Dari hasil pengembangan pada siklus II terjadi peningkatan motivasi belajar siswa yang sangat signifikan. Berdasarkan hasil observasi pada siklus II, motivasi belajar siswa secara klasikal tergolong sangat tinggi yaitu 86,20%. Dan hanya 4 siswa (13,7%) motivasi belajar rendah. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut, terbukti bahwa penggunaan metode sosiodrama dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri No. 091 Panyabungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Fau m |
Keywords: | Motivasi Belajar; Sistem Pemerintahan Kabupaten Kota; Adaptasi; Metode Sisiodrama |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7988 |