Sembiring, Nilawati (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTION LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI NO. 106786 SEI SEMAYANG T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 1114311010 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. 1114311010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
3. . 1114311010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
4. 1114311010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
5. 1114311010 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. 1114311010 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. 1114311010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. 1114311010 LIST OF GRAPHICAL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
10.1114311010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
11 1114311010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
12 1114311010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan strategi action learning. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 106786 Sei Semayang Kab. Deli Serdang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan strategi action learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri 106786 Sei Semayang Kab. Deli Serdang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan strategi action learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan keliling dan luas segitiga serta jajargenjang di SD Negeri 106786 Sei Semayang Kab. Deli Serdang dalam proses belajar mengajar. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 siswa yang berasal dari siswa Kelas IV pada tahun ajaran 2013/2014. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara memberikan tes. Dari hasil analisis data diperoleh 3 siswa (10%) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 27 siswa (90%) yang belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dari pretes diperoleh nilai rata-rata siswa 39,00. Dari hasil analisa data pada siklus I diperoleh 14 siswa (46,67%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 16 siswa (53,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 63,33. Dari hasil tes pada siklus II diperoleh 25 siswa (83,33%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 78,67. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi action learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas IV SD Negeri 106786 Sei Semayang Kab. Deli Serdang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran yang menggunakan strategi action learning dapat meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan keliling dan luas segitiga serta jajargenjang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Nil p |
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Active Learning; Pelayaran Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 02:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7982 |