Nurjehan, Rizki (2014) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS V SD NO 056635 LANGKAT TAHUN AJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1102111006 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM. 1102111006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (679kB) | Preview
3. NIM. 1102111006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
4. NIM. 1102111006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. NIM. 1102111006 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM. 1102111006 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM. 1102111006 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM. 1102111006 LIST OF GRAPHICAL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. NIM. 1102111006 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
11. NIM. 1102111006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
15. NIM. 1102111006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
16. NIM. 1102111006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan di SD No 056635 Langkat dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika dengan materi pokok mengubah pecahan biasa ke bentuk persen dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning di kelas V SD No 056635 Langkat Tahun Ajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD No 056635 Langkat tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 1 kelas atau 45 orang yang terdiri dari 27 siswa perempuan dan 18 orang siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan format lembar observasi kegiatan pelaksanaan pembelajaran dan afektif, psikomotor siswa selama pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning yang dirancang atau didesain dengan baik dan terencana sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi pokok mengubah pecahan biasa ke bentuk persen di kelas V SD No 056635 Langkat Tahun Ajaran 2013/2014. Rata-rata tingkat pengetahuan awal siswa pada materi mengubah pecahan biasa ke bentuk persen sebelum diberikan tindakan siklus (prasiklus) sebesar 27,26 dengan ketuntasan 6,6%. Setelah tindakan siklus I, diperoleh rata-rata hasil belajar atau tingkat penguasaan siswa sebesar 51,6 dengan persentase ketuntasan 35,6%. Setelah tindakan siklus II, diperoleh rata-rata hasil belajar atau tingkat penguasaan siswa sebesar 74,4 atau terjadi peningkatan dengan rata-rata 86,7 dibandingkan siklus I, dengan persentase ketuntasan 86,7% atau terjadi peningkatan 86,7% dibandingkan siklus I. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk menerapkan pendekatan Contextual teaching and Learning dalam proses pembelajaran matematika agar siswa mudah memahami materi yang disampaikan dan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Nur p |
Keywords: | Pendekatan Contextual Teaching and Learning; Hasil Belajar; Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7975 |