Simbolon, Elka Mayalani (2015) STRATEGI PENDIDIK PAUD DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD METRO HELVETIA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 1103371008 - COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2 1103371008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
3 1103371008 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
3 1103371008 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
5 1103371008 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6 1103371008 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7 1103371008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9 1103371008 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
10 1103371008 BAB I.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
11 1103371008- BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
12 1103371008 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
13 1103371008 - DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Yang Menjadi masalah dalam penelitian ini adalah : (1) kurangsesuainya strategi yang digunakan pendidik dan penggunaan strategi yangmonoton dalam kegiatan proses belajar mengajar, (2) Sarana danPrasarana pendukung yang masih terbatas dalam penerapan strategipembelajaran, (3) Kurangnya kemampuan pendidik dalammengembangkan Kreativitas anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk:(1) Mendeskripsikan strategi pendidik PAUD dalam MengembangkanKreativitas Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Metro Helvetia Medan.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi yangdigunakan pendidik dalam mengembangkan kreativitas anak usia dinidikemukan oleh Amabile (dalam James et al, 2009) adalah lima (5)strategi yang dapat digunakan pendidik dalam mengembangkan kreativitasanak usia dini yaitu: Strategi Tantangan, Kebebasan, Sumber Daya,Kelompok Kerja, Dukungan dan Bimbingan.Metode yang digunakan adalah metode Kualitatif, denganinforman penelitian adalah Tenaga Pendidik PAUD Metro Helvetia Medanyang berjumlah 3 orang. Pengumpulan data penelitian dilakukan denganteknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukandengan cara bersamaan dengan proses pengamatan yang tidak terlepas satusama lain serta prediksi data dan membangun keabsahan penelitian. Untukmembangun keabsahan penelitian dilakukan dengan cara: (1)Kreadibilitas, (2) Membercheck, (3) Transferability, (4) Dependability, (5)Confirmability.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pendidik DalamMengembangkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun dilakukan dengnamenggunakan strategi tantangan, strategi kebebasan, strategi sumbe daya,strategi kelompok kerja, strategi dukungan dan bimbingan. Faktorpenghambat yang ditemukan mencakup intrinsik dari anak didik yangmenyangkut selutuh pribadi termasuk fisik maupun mental yang ikutmenentukan berhasil tidaknya seseorang dalam belajar dan faktorekstrinsik yang bersumber dari luar individu yang bersangkutan. Dari hasilwawancara dan observasi terungkap bahwa strategi pendidik dalammengembangkan kreativitas anak dapat mengembangkan kreativitas anakusia 4-5 tahun di PAUD Metro Helvetia Medan dan diterapkan denganbaik akan lebih berhasil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.013 Sim s |
Keywords: | Strategi Pendidik PAUD; Penggunaan Strategi Pembelajaran; Kreativitas Anak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 07:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7969 |