Fatimah (2015) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI DALAM MEMINIMALISIR PERGAULAN BEBAS SISWA KELAS VIII DI SMP KARTIKA I-2 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1- 1104351003 cover.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2- 1104351003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
3- 1104351003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
4- 1104351003 abstrak.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5- 1104351003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
6- 1104351003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7- 1104351003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
8- 1104351003DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9- 1104351003 BAB I.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
13-1104351003 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14- 1104351003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Dalam Meminimalisir Pergaulan Bebas Siswa SMP Kartika I-2 Medan tahun Ajaran 2014/2015?, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dalam mencegah berkembangnya pergaulan bebas di SMP Kartika I-2 Medan Tahun Ajaran 2014/2015.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Kartika I-2 Medan T.P2014/2015 sebanyak 10 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang diberikan kepada siswa kelas VIII, dan tehnik analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji t. Hasil perhitungan data sebelum diberi layanan menunjukkan bahwa pengetahuan siswa tentang dampak pergaulan bebas tergolong rendah dengan perolehan nilai rata-rata yakni 88 yang berada dalam rentang skor 44-90 yang merupakan kategori rendah. Hasil perhitungan post-test menunjukkan kategori sedang dengan nilai rata-rata 114,6 yang berada dalam rentang skor 91-133. Dengan demikian pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dalam mencegah berkembangnya pergaulan bebas memberikan pengaruh kearah yang positif. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan uji t diproleh thitung =3,923 dan ttabel =1,833. Maka thitung > ttabel (3,923>1,833). Maka hipotesis yang menyatakan”pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi memberi pengaruh positif dalam mencegah berkembangnya pergaulan bebas di SMP Kartika I-2 Medan TA 2014/2015”, dapat diterima.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dalam mencegah berkembangnya pergaulan bebas memberikan pengaruh positif. Oleh karena itu, diharapkan kepada guru BK mempunyai wawasan dan pemahaman yang baik tentang pentingnya mencegah pergaulan bebas di kalangan siswa dan guru BK juga memiliki kemampuan dalam memberikan layanan bimbingan kelompok agar dapat diterapkan di lingkungan sekolah atau lingkungan masyarakat luas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.46 Fat p |
Keywords: | Bimbingan Kelompok; Dunia Pergaulan; Pergaulan Bebas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7955 |