Rambe, Dwi Nurun Ramadhani (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 060830 KEC. MEDAN PETISAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1114311004 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. 1114311004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
3. 1114311004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
4. 1114311004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
5. 1114311004 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
6. 1114311004 TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. 1114311004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. 1114311004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
10. 1114311004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
14. 1114311004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
15. 1114311004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa di SD Negeri 060830 Kec.Medan Petisah masih tergolong rendah, hal ini tampak dari kurang aktifnya siswa menanggapi materi pelajaran, siswa kurang berani dalam mengajukan pertanyaan. Dalam mengajarkan IPS guru kurang berani memperhatikan model pembelajaran yang digunakan sehingga menumbuhkan keaktifan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPS materi Keragaman Sosial dan Budaya Berdasarkan Kenampakan alam dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Guided Teaching di kelas IV SD Negeri 060830 Kec.Medan Petisah Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Tindakan Kelas atau classroom action research. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 060830 Kec.Medan Petisah Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 34 siswa. prosedur dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan refleksi. instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa selama pembelajaran di kelas. Teknik analisis adalah yang digunakan adalah teknik analisi data. Hasil temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas. peningkatan aktivitas dapat diketahui melalui hasil penelitian siklus I dan siklus II. Adapun peningkatan aktivitas yaitu aktivitas visual peningkatan sebesar 14,71%, aktivitas lisan sebesar 14,71%, aktivitas mendengarkan 5,88 %, aktivitas menulis 5,88%, aktivitas fisik 7,35 %, aktivitas mental 14,71 %, dan aktivitas emosi mengalami peningkatan sebesar 13,23%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Guided Teaching dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPS materi Keragaman Sosial dan Budaya Berdasarkan kenampakkan alam di kelas IV SD Negeri 060830 Kec.Medan Petisah Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Ram p |
Keywords: | Model pembelajaran; Kooperatif tipe guider teaching; Aktivitas belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7937 |