Putri, Dwi (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 101776 SAMPALI T.A 2014/2015”. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1113311010 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. 1113311010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
3. 1113311010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
4. 1113311010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
5. 1113311010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6. 1113311010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. 1113311010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 1113311010 DAFTAR LAMPIRANJ.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
9. 1113311010 BAB I.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
10. 1113311010 BAB V.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
12. 1113311010 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
IPS sering dianggap pelajaran yang membosankan dan menjenuhkan dalam proses pembelajaran, sehingga banyak siswa yang belum memahami materi pelajaran dengan baik serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS melalui Pendekatan Kooperatif Model Jigsaw pada pokok bahasan Koperasi di kelas IV SD. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 101776 Sampali..Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), Tentang penerapan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SD, yang berjumlah 40 orang siswa terdiri dari 26 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana siklus 1 dilakukan dua kali pertemuan dan siklus 2 satu kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil tes dan lembar observasi.Desain penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dimulai dari freetes diperoleh (1) nilai rata-rata hasil tes awal (pretes) adalah 48,125, siswa yang tuntas sebanyak 6 orang dengan persentase ketuntasannya 24,47% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 34 orang dengan persentase tidak tuntasnya 75,53% (2) nilai rata-rata pada siklus I pertemuan pertama adalah 62,5, siswa yang tuntas sebanyak 15 orang dengan persentase ketuntasannya 46,52% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 25 orang dengan persentase tidak tuntasnya 53,48% (3) nilai rata-rata pada siklus I pada pertemuan kedua adalah 76, siswa yang tuntas sebanyak 31 orang dengan persentase ketuntasannya 82,89% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 9 orang dengan persentase tidak tuntasnya 17,11% (4) nilai rata-rata pada siklus II adalah 88,12, siswa yang tuntas sebanyak 37 orang dengan persentase ketuntasannya 95,42 dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 orang dengan persentase tidak tuntasnya 4,58%.Hasil tes siswa disetiap siklus memberikan hasil memuaskan dari siklus I sampai siklus II nilai rata-rata dan persentase ketuntasanya mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada guru agar mencoba menerapkan pendekatan kooperatif model jigsaw sebagai alternative untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Put u |
Keywords: | Belajar; Pembelajaran Kooperarif; IPS; Koperasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7934 |