MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV-B SD NEGERI 104607 SEI ROTAN T.P 2013/2014

Tarigan, Risapita Br (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV-B SD NEGERI 104607 SEI ROTAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 1103111055 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 1103111055 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 2. 1103111055 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 1103111055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[thumbnail of 3. 1103111055 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. 1103111055 PREFACE.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 4. 1103111055 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. 1103111055 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 5. 1103111055 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 1103111055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 6. 1103111055 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 1103111055 TABLES.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 7. 1103111055 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 1103111055 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 8. 1103111055 GRAPHIC.pdf]
Preview
Text
8. 1103111055 GRAPHIC.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 9. 1103111055 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. 1103111055 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 12. 1103111055 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
12. 1103111055 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of 16. 1103111055 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
16. 1103111055 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 17. 1103111055 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
17. 1103111055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 18. 1103111055 BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
18. 1103111055 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains di kelas IV-B SD Negeri 104607 Sei Rotan serta kecenderungan guru menggunakan metode konvensional pada materi sains yang memerlukan percobaan. Cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan penggunaan metode eksperimen dalam mengajarkan mata pelajaran sains pada materi perpindahan panas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sisw pada mata pelajaran sains dengan menggunakan metode eksperimen di kelas IV-B SD Negeri 104607 Sei Rotan Tahun Pelajaran 2013/2014.Pembelajaran menggunakan metode eksperimen dengan berpedoman pada beberapa teori yang diberikan oleh para ahli diantaranya adalah pendapat dari Roestiyah, Djamarah. Metode eksperimen merupakan salah satu cara mengajar dimana siswa ikut terlibat langsung dalam melakukan percobaan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode eksperimen pada materi pokok perpindahan panas di kelas IV-B SD Negeri 104607 Sei Rotan Tahun Pelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-B SD Negeri 104607 Sei Rotan yang berjumlah 44 orang yang terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar dalam pembelajaran yang menggunakan metode eksperimen. Instrument yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam proses belajar mengajar.Hasil penelitian yang diperoleh dari 44 orang siswa pada pretes diperoleh 13 siswa (29,55 %) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 31 siswa (70,45 %) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 54,77. Dari hasil analisis data pada Post test I diperoleh 22 siswa (50 %) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, dan 22 siswa (50 %) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 69,89. Sedangkan hasil pada Post test II diperoleh 38 siswa (86,36 %) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 6 siswa (13,64%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 86,59.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen pada mata pelajaran Sains dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perpindahan panas di kelas IV-B SD Negeri 104607 Sei Rotan Tahun Pelajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.375 Tar m
Keywords: Hasil belajar; Metode; Metode eksperimen; Sains; Perpindahan panas.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 03 Aug 2016 01:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7933

Actions (login required)

View Item
View Item