Tarigan, Risapita Br (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV-B SD NEGERI 104607 SEI ROTAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1103111055 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. 1103111055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
3. 1103111055 PREFACE.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
4. 1103111055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
5. 1103111055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
6. 1103111055 TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. 1103111055 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. 1103111055 GRAPHIC.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. 1103111055 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
12. 1103111055 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
16. 1103111055 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
17. 1103111055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
18. 1103111055 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains di kelas IV-B SD Negeri 104607 Sei Rotan serta kecenderungan guru menggunakan metode konvensional pada materi sains yang memerlukan percobaan. Cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan penggunaan metode eksperimen dalam mengajarkan mata pelajaran sains pada materi perpindahan panas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sisw pada mata pelajaran sains dengan menggunakan metode eksperimen di kelas IV-B SD Negeri 104607 Sei Rotan Tahun Pelajaran 2013/2014.Pembelajaran menggunakan metode eksperimen dengan berpedoman pada beberapa teori yang diberikan oleh para ahli diantaranya adalah pendapat dari Roestiyah, Djamarah. Metode eksperimen merupakan salah satu cara mengajar dimana siswa ikut terlibat langsung dalam melakukan percobaan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode eksperimen pada materi pokok perpindahan panas di kelas IV-B SD Negeri 104607 Sei Rotan Tahun Pelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-B SD Negeri 104607 Sei Rotan yang berjumlah 44 orang yang terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar dalam pembelajaran yang menggunakan metode eksperimen. Instrument yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam proses belajar mengajar.Hasil penelitian yang diperoleh dari 44 orang siswa pada pretes diperoleh 13 siswa (29,55 %) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 31 siswa (70,45 %) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 54,77. Dari hasil analisis data pada Post test I diperoleh 22 siswa (50 %) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, dan 22 siswa (50 %) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 69,89. Sedangkan hasil pada Post test II diperoleh 38 siswa (86,36 %) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 6 siswa (13,64%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 86,59.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen pada mata pelajaran Sains dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perpindahan panas di kelas IV-B SD Negeri 104607 Sei Rotan Tahun Pelajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.375 Tar m |
Keywords: | Hasil belajar; Metode; Metode eksperimen; Sains; Perpindahan panas. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 01:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7933 |