Perjuangan, Agus (2014) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) PADA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SD NEGERI 112192 NEGERI LAMA KEC.BILAH HILIR T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 071211920198 cover.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. 071211920198 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
3. 071211920198 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (800kB) | Preview
4. 071211920198 Abstrak.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
5. 071211920198 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (869kB) | Preview
6. 071211920198 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
7. 071211920198 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
8. 071211920198 BAB I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
9. 071211920198 BAB 5.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
10. 071211920198 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
11. 071211920198 Daftar Riwayath Hidup.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah minat belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) pada pelajaran sains pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya di kelas V SD Negeri 112192 Negeri Lama Kec. Bilah Hilir T.A 2013/2014. subkek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 38 orang siswa dengan perincian 17 orang siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu suatu teknik yang digunakan untuk mengungkapkan fakta dan jelas tentang permasalahan-permasalahan yang dihadapi pada objek peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Objek peneilitian ini adalah aktivitas siswa dan minat belajar siswa pada pelajaran sains okok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya dengan menggunakan pendekatan kontekstual (CTL).Penelitian ini menggunakan dua siklus, siklus I ndan II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberikan pratindakan untuk mengetahui minat belajar siswa pada pelajaran sains khususnya pada pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya. Kemudian diakhir siklus I dan II dilakukan penyebaran angket.Berdasarkan analisis data dijelaskan bahwa pada saat awal tindakan rata-rata minat belajar siswa tergolong rendah sebanyak 22 orang siswa (57,9%), minat belajar tergolong sedang sebanyak 12 orang siswa (31,6%) minat belajar tergolong tinggi sebanyak 4 orang siswa (10.5%). Pada siklus I minat belajar tergolong rendah sebanyak 4 orang siswa (10,5%), minat belajar tergolong sedang 19 (50%), minat belajar tergolong tinggi sebanyak 15 orang siswa (39,5%). Pada siklus II minat belajar siswa tergolong sedang sebanyak 7 orang siswa (18,4%), minat belajar tergolong tinggi sebanyak 32 orang siswa (81,6%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran sains dikelas V SD 112192 Negeri Lama Kec.Bilah Hilir T.A 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Per u |
Keywords: | Minat belajar; Pembelajaran sains; Konstruktivisme; Inkuiri; Bertanya; Pemodelan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7923 |