Sari, Dewi Wulan (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS VA SD NEGERI 104202 BANDAR SETIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1103311014 COVER.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
2 . 1103311014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
3. 1103311014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
4. 1103311014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
5. 1103311014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. 1103311014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
7. 1103311014 TABLES.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
8. 1103311014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
10. 1103311014 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
11. 1103311014 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
12. 1103311014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam matapelajaran sains khusunya pada materi pokok pesawat sederhana masih rendah di bawah nilai KKM. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs pada mata Pelajaran Sains Kelas VA SD Negeri 104202 Bandar Setia Tahun Ajaran 2013/2014. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 104202 Bandar Setia Tahun Ajaran 2013/ 2014. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum dilakukan tindakan padasiklus I peneliti memberi pre test untuk mengetahui letak kesulitan pada matapelajaran Sains dalam materi Pesawat Sederhana dilanjutkan dengan siklus I dan post test siklus I, siklus II dan diakhri dengan pemberian pos tes siklus II dengan tes hasil belajar Sains dengan menggunakan bentuk tes pilihan berganda Jumlahsampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VA SD Negeri 104202 BandarSetia sebanyak 37 orang siswa.Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh data tes awal hasilbelajar siswa diperoleh nilai rata-rata 43,78, dimana terdapat 7 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan persentase hasil belajar secara klasikal hanya 18,92% atau < 80%. Secara klasikal dan hal ini masih tergolong rendah dan belum berhasil bagi proses pembelajaran peserta didik. Oleh karena itu, dilakukanperbaikan dan penerapa tindakan kelas siklus I menggunakan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs maka diperoleh nilai rata-rata mengalami kenaikan menjadi 61,35, siswa yang tuntas belajar terdapat 21 orang siswa dan persentasehasil belajar siswa secara klasikal 56,75% < 80% dan ini juga tergolong cukup tetapi belum berhasil dalam tindakan kelas yang dilakukan. Kemudian peneliti melanjutkan dan melakukan perbaikan dan penerapan pada siklus II maka diperoleh nilai rata-rata menjadi 77,57, siswa yang sudah tuntas sebanyak 31 orang siswa dengan persentase ketuntasan belajar siswa 83,78% > 80%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaranSains dalam materi pokok Pesawat Sederhana di kelas VA SD Negeri 104202Bandar Setia Tahun Ajaran 2013/2014.Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakanmodel pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dapat meningkatkan hasil belajarsiswa pada mata pelajaran Sains dalam materi pokok pesawat sederhana kelas VA SD Negeri 104202 Bandar setia Tahun Ajaran 2013/2014. Disarankan agar gurudan peneliti lainnya untuk menggunakan model pembelajaran Practice RehearsalPairs pada mata pelajaran sains untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sar m |
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran; Pembeajaran sians; Kurikulum; Materi pembelajaran. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7914 |