Manik, Sari Asmaini (2014) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP SIKAP EMPATI SISWA KELAS VIII DI SMP SWASTA AR-RAHMAN FULL DAY SCHOOL MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1102151016 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. 1102151016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (884kB) | Preview
3. 1102151016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
4. 1102151016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
5. 1102151016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. 1102151016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. 1102151016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. 1102151016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. 1102151016 BAB I..pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
13. 1102151016 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. 1102151016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
15. 1102151016 LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pemberian layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap sikap empati siswa kelas VIII SMP Ar-Rahman Full Day School. Penelitian ini dilaksanakan pada 30 Juni sampai dengan 30 Agutus 2014. Tempat penelitian dilaksanakan di SMP Ar Rahman Full day school Medan Helvetia. Jalan Brigjend. H. A. Manaf Lubis / Gaperta Ujung No. 58 Medan. Subjek penelitian adalah keseluruhan siswa kelas VIII-B 10 siswa yang mempunyai kategori sikap empati rendah yang ditentukan secara purposive sampling (penarikan sampel secara sengaja) atau rekomendasi data dari guru BK (konselor). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sikap empati siswa. Angket uji coba sikap empati siswa sebanyak 30 butir pernyataan yang diberikan kepada seluruh siswa kelas VIII-C yang berjumlah 33 siswa. Angket sikap empati siswa yang valid sebanyak 25 butir pertanyaan yang akan diberikan kepada 10 siswa kelas VIII-B yang mendapatkan perlakuan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Teknik analisis data menggunakan uji beda (uji t). Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata Pre-test = 63,8 dan Standard Deviasi (SD) = 5,32 sedangkan nilai rata-rata Post-test = 83,3 dan Standard Deviasi (SD) = 4,32 dengan demikian pemberian layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap sikap empati siswa dapat mengubah sikap empati yang rendah menjadi lebih tinggi lagi. Dari hasil hipotesis dengan harga ttabel pada N-1 = 10-1 pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh sebesar 1,81, maka thitung > ttabel = (9,36 > 1,81) tersebut dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya penelitian ini Ada pengaruh positif pemberian layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap sikap empati siswa kelas VIII-B di SMP Swasta Ar-Rahman Full Day School Medan Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.46 Man p |
Keywords: | Empati; Bimbingan Kelompok; Model; Teknik-teknik; Sosiodrama |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7904 |