Dewi, Sri Wahyuni (2014) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BERMAIN DIALOG TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU BULLYING SISWA DI SMA NEGERI 3 KISARAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103151063 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
1103151063 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (681kB) | Preview
1103151063 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (0B)
1103151063 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
1103151063 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1103151063 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1103151063 BAB I.pdf - Published Version
Download (0B)
1103151063 BAB V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
1103151063 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh pemberian layanan konseling kelompok dengan teknik bermain dialog berpengaruh terhadap perubahan perilaku bullying siswa di SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan konseling kelompok dengan teknik bermain dialog terhadap perubahan perilaku bullying siswa di SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Ajaran 2013. Sampel penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 3 Kisaran yang berperilaku bullying yang terdiri dari 7 orang siswa yang ditentukan dari hasil pre-test. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menjaring data tentang perilaku bullying siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket, dengan jumlah item yang valid sebanyak 22 butir soal. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik bermain dialog. Teknik analisis data menggunakan uji beda (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian layanan konseling kelompok dengan teknik bermain dialog diperoleh nilai rata-rata pre-test xA = 71,7 dan Standart Deviasi (SD) = 189,73, sedangkan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik bermain dialog diperoleh nilai rata-rata post-test Xb = 49,4 dan Standart Deviasi (SD) = 130,77. Dengan demikian pemberian layanan konseling kelompok dengan teknik bermain dialog berpengaruh terhadap perubahan perilaku bullying siswa di SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Ajaran 2013/ 2014. Hal ini teruji dengan menggunakan uji t dengan hasil thitung > ttabel yaitu -5,989 > -1,895 artinya terdapat pengaruh yang signifikan dan positif dari pemberian layanan konseling kelompok dengan teknik bermain dialog terhadap perubahan perilaku bullying siswa di SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Ajaran 2013/ 2014, dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.46 Dew p |
Keywords: | Perilaku; Bullying; Penyebab; Bimbingan Kelompok; Bermain Dialog |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 08:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7894 |