Saragih, Mawarni (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENANGGAPI TEKS CERITA RAKYAT DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI KROOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP DI KELAS V MIS ARAS KABU AGUNG TANJUNG BALAI TAHUN AJARAN 2013/ 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1101111013 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
1101111013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
1101111013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
1101111013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
1101111013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
1101111013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
1101111013 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
1101111013 BAB I.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1101111013 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
1101111013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan Strategi Kooperatif Tipe Co-op Co-op dapat meningkatkan kemampuan siswa menanggapi teks cerita rakyat di kelas V MIS Aras Kabu Agung Tanjung Balai Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi Strategi Kooperatif tipe Co-op Co-op pada materi Menanggapi Teks Cerita Rakyat di kelas V MIS Aras Kabu Agung, (2)Untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan siswa menanggapi Teks cerita Rakyat setelah menggunakan Strategi Kooperatif Tipe Co-op Co-op di kelas V MIS Aras Kabu Agung Tanjung Balai Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek seluruh siswa kelas V sebanyak 24 orang siswa. Prosedur tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Lembar Observasi. Indikator Penilaian menanggapi teks cerita rakyat berdasarkan kriteria, yaitu : (1) Kesesuaian tanggapan, (2) Keruntutan tanggapan, (3) Keefektifan Bahasa, (4) Kelancaran Tanggapan, (5) Kemampuan mengontrol emosi. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabila kemampuan menanggapi siswa meningkat, bila tingkat ketuntasan klasikal sebesar ≥ 85. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan siswa yang mampu menanggapi teks cerita rakyat pada siklus I pertemuan I dari 24 siswa diperoleh 3 orang siswa 12,5% dengan nilai rata-rata kemampuan menanggapi siswa 59,6. pada siklus I pertemuan II diperoleh 10 orang 41,7% dengan nilai rata-rata kemampuan menanggapi siswa 73,3. Sedangkan, Pada siklus II pertemuan I diperoleh 16 orang siswa 66,7% dengan nilai rata-rata kemampuan menanggapi siswa 88,3. Siklus II pertemuan II diperoleh 22 orang 91,7% dengan nilai rata-rata kemampuan menanggapi siswa 90,2. Melihat adanya peningkatan kemampuan menanggapi siswa pada siklus II yang telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sehingga tidak perlu dilakukan perbaikan lagi. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Strategi Kooperatif Tipe Co-Op Co-Op dapat meningkatkan kemampuan siswa menanggapi Teks Cerita Rakyat di kelas V MIS Aras Kabu Agung Tanjung Balai T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.6 Sar m |
Keywords: | Kemampuan; Menanggapi; Teks Cerita Rakyat; Strategi Pembelajaran Kooperatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7893 |