Afrianti, Natalia (2014) PENGARUH PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PKC-KO UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DALAM MENGEMUKAKAN PENDAPAT SELAMA BERDISKUSI PADA SISWA SMA BUDI MURNI 3 MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103151044 COVER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
1103151044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (907kB) | Preview
1103151044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
1103151044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
1103151044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
1103151044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
1103151044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1103151044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
1103151044 BAB I.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
1103151044 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah ada pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik PKC-KO untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapat selama berdiskusi pada siswa SMA BUDI MURNI 3 Medan T.A 2013/2014 ?. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi apakah ada pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik PKC-KO untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapat selama berdiskusi pada siswa SMA BUDI MURNI 3 Medan T.A 2013/2014.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Xb berjumlah 10 orang yang terdiri dari yang terdiri dari 4 orang yang memiliki masalah dengan rasa percaya diri, 3 orang yang memiliki rasa percaya diri rendah dan 3 orang yang tidak memiliki masalah dengan rasa percaya diri yang ditentukan dari hasil pre-test. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menjaring data tentang rasa percaya diri siswa dalam mengemukakan pendapat selama berdiskusi yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik PKC-KO. Teknik analisis data menggunakan uji beda (uji t).Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik PKC-KO diperoleh nilai rata-rata pre-test xA = 55,7 dan Standart Deviasi (SD) =176,13 sedangkan sesudah dilaksanakan bimbingan kelompok teknik PKC-KO diperoleh nilai rata-rata post-test Xb = 64,5 dan Standart Deviasi (SD) = 212,29. Dengan demikian pemberian layanan bimbingan kelompok teknik PKC-KO berpengaruh terhadap sikap rasa percaya diri siswa kelas X SMA Budi Murni 3 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini teruji dengan menggunakan uji t dengan hasil thitung > ttabel yaitu 12,96 > 1,83 artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik PKC-KO terhadap rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapat selama diskusi pada kelas X SMA Budi Murni 3 Medan Tahun Ajaran 2013/ 2014, dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Afr p |
Keywords: | Percaya Diri; Berpendapat; Layanan Bimbingan; Bimbingan Kelompok; Teknik PKC-KO |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 04:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7891 |