Sari, Nita (2014) PENGARUH PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI DALAM MENGURANGI KESULITAN BELAJAR YANG DIALAMI SISWA KELAS XI IPS1 SMA NEGERI 3 PANYABUNGAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1102151011 COVER.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
1102151011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (720kB) | Preview
1102151011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
1102151011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
1102151011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
1102151011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
1102151011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
1102151011 BAB I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
1102151011 BAB V.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
1102151011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
1102151011 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi berpengaruh dalam mengurangi kesulitan belajar siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 3 Panyabungan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap kesulitan belajar siswa kelas kelas XI IPS1 SMA Negeri 3 Panyabungan Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis dari penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 berjumlah 10 yang terdiri dari 6 orang yang memiliki masalah tingginya kesulitan belajar siswa, 3 orang memiliki kesulitan belajar sedang, dan 1 orang uang memiliki kesulitan belajar rendah, yang ditentukan dari hasil pre-test. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menjaring data tentang kesulitan belajar siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi diperoleh nilai rata-rata pre-test xA = 58 dan Standart Deviasi (SD) = 183,41, sedangkan sesudah dilaksanakan bimbingan kelompok teknik diskusi diperoleh nilai rata-rata post-test Xb = 41 dan Standart Deviasi (SD) = 129,65. Dengan demikian pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi berpengaruh dalam meminimalisir kesulitan belajar siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 3 Panyabungan Tahun Ajaran 2014/ 2015. Hipotesis dengan 〖 J〗_hitung = 55. Dengan α = 0.05 dan n = 10, maka J_tabel = 0. Dari data tersebut terlihat bahwa J_hitung lebih besar dari pada J_tabel (55 > 0), artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dalam mengurangi kesulitan belajar siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 3 Panyabungan Tahun Ajaran 2014/ 2015, dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Sar p |
Keywords: | Bimbingan Kelompok; Teknik; Diskusi Kelompok; Belajar; Kesulitan; Bimbingan Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7888 |