Pasaribu, Syora P N (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN MEDIA BERMAIN KATA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI PAUD AN-NISA MEDAN T.A.2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108314025 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
108314025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
108314025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
108314025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
108314025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
108314025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108314025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108314025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108314025 BAB I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
108314025 Bab V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
108314025 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran media bermain kata terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di paud an-nisa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diberi pembelajaran media bermain kata sedangkan di kelas kontrol dimana pembelajarannya menggunakan metode konvensional atau belajar seperti biasa. Penentuan sampel dilakukan secara acak (random) dengan jumlah tiap kelas sebanyak 15 anak.Variabel bebas adalah media bermain kata sedangkan variable terikat adalah perkembangan kognitif. Instrument pengumpulan data yaitu observasi. Sebelum pengujian hopotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik liliefors dan homogenitas dengan menggunakanuji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen, Media adalah komponen sumber belajar atau wahana fisik yang mengandung materi instruksional dilingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Dilain pihak, national education association memberikan defenisi media sebagai bentuk –bentuk baik tercetak maupun audio – visual dan pelantaranya dengan demikian media dapat dimanipulasi, dilihat, didengar atau di baca. .Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 5 di PAUD AN-NISA MEDAN Tahun Ajaran 2012/2013. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas masing-masing 15 orang anak pada kelas B Matahari sebagai kelas eksperimen dan kelas B Pelangi sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan Pembelajaran dengan menggunakan media bermain kata , dan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional.Dari analisa data observasi akhir perkembangan kognitif anak dengan menggunakan uji-t pada taraf = 0,05 berturut-turut diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,20 > 1,701sehingga untuk uji hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata perkembangan kognitif anak yang diajarkan dengan menggunakan media bermain kata lebih tinggi dari rata-rata perkembangan kognitif anak yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian berarti ada pengaruh yang positif dan berarti antara pembelajaran dengan menggunakan bermain kata terhadap pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.019 Pas p |
Keywords: | Bermain kata; Kognitif; Metode pembelajaran; Karakteristik perkembangan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 06:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7883 |