Wahyuni, Ida (2014) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD SWASTA PELANGI MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311036 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1103311036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
1103311036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
1103311036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
1103311036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
1103311036 TABLES.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
1103311036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
1103311036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
1103311036 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
1103311036 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
1103311036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada siswa kelas V SD Pelangi Medan T.A 2013/2014.Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa yang berjumlah 25 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan Model Pemebelajaran Student Facilitator And Explaining. Alat pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Kriteria ketuntasan motivasi belajar siswa didasarkan ketuntasan secara perorangan. Seorang siswa dikatakan telah termotivasi dalam belajar apabila mendapatkan nilai ≥ 80 Hasil penelitian yang diperoleh selama pengamatan menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I, pertemuan I diperoleh data bahwa 44% siswa yang memiliki motivasi belajar tergolong sangat rendah. Pada siklus I, pertemuan II diperoleh data bahwa 64% siswa yang memiliki motivasi belajar tergolong rendah. Pada siklus II, pertemuan I diperoleh perubahan data yaitu 80% siswa memiliki motivasi belajar yang tergolong tinggi, selanjutnya pada siklus II, pertemuan II diperoleh data bahwa 92% siswa yang motivasi belajarnya tergolong sangat tinggi, hasil penelitian dari angket yang dibagikan pada siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada kondisi awal sebelum tindakan hanya ada 7 siswa yang memiliki motivasi belajar yang di atas 70% yaitu sekitar 20%, dan setelah dilaksanakan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada kondisi akhir terlihat hampir seluruh siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi yaitu ada 24 siswa atau sekitar 96%. Dari penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, sebaiknya Model Pembelajaran Student Facilitataor And Explaining digunakan guru sebagai salah satu alternatif guru dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, maupun pada mata pelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.89 Wah p |
Keywords: | Motivasi Belajar; Model Pembelajar; Student Facilitator and Explaining; IPS; Sejarah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7881 |