Gulo, Valentina Sanarima (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER HERE KELAS V SDN 104206 SEI ROTAN TA 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103111065 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1103111065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (691kB) | Preview
1103111065 PREFACE.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
1103111065 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
1103111065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
1103111065 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
1103111065 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1103111065 LIST OF DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1103111065 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1103111065 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
1103111065 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
1103111065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode pembelajaran everyone is teacher here di kelas V.Aktivitas belajar adalah seluruh rangkaian aktivitas secara sadar yang dilakukan seseorang dan mengakibatkan perubahan dalam dirinya, berupa perubahan pengetahuan atau kemahiran yang sifatnya tergantung pada sedikit banyaknya perubahan. Aktivitas belajar siswa diamati melalui kegiatan audio, visual, lisan, tulisan, kegiatan menggambar, kegiatan metrik, kegiatan mental dan kegiatan emosional. Sedangkan metode everyone is teacher here merupakan metode pembelajaran aktif yang dimaksudkan agar siswa mampu menjadi narasumber bagi siswa lain sehingga setiap siswa bisa menjadi guru di dalam kelas. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian dilaksanakan di SDN 104206 Sei Rotan Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang TA 2013/2014 yang beralamat di Jl. Pendidikan 1 dusun IX Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang. Penelitian direncanakan pada bulan Maret hingga bulan Mei. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA dengan jumah siswa 29 orang dan objeknya adalah aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode everyone is teacher here. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus I dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil refleksi pada siklus I akan dijadikan acuan pelaksanaan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas belajar siswa dan kegiatan guru.Melalui observasi yang dilakukan selama penelitian, dapat diperoleh data sebagai berikut. Dari 29 orang siswa pada siklus I pertemuan I nilai rata-rata kelas adalah 46,72 dengan 4 orang siswa aktif (13,79%) dan 25 orang siswa tidak aktif (86,20%) dan siklus I pertemuan II nilai rata-rata kelas adalah 63,88 dengan 16 orang siswa aktif (55,17%) dan 13 orang siswa tidak aktif (44,82%). Karena hasil yang dicapai masih jauh dari harapan, maka dilakukan perbaikan dan dilanjutkan ke siklus II dengan hasil sebagai berikut. Dari 29 orang siswa pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata kelas adalah 72,41 dengan 25 orang siswa aktif (86,20%) dan 4 orang siswa tidak aktif (13,79%) dan siklus II pertemuan II nilai rata-rata kelas adalah 87,97 dengan 29 orang siswa aktif (100%) dan 0 orang siswa tidak aktif (0%).Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode everyone is teacher here dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD N 104206 Sei Rotan TA 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.89 Gul m |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Metode Pembelajaran; IPS; Kemerdekaan Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7880 |