Rambe, Nurhamimah (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 106833 TANJUNG MORAWA T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311062 COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
1103311062 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
1103311062 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
1103311062 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
1103311062 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
1103311062 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
1103311062 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
1103311062 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
1103311062 BAB I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
1103311062 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
1103311062 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam Penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 106833 Tanjung Morawa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa dengan menggunakan metode snowball throwing pada materi koperasi.Menurut Sudjana, (2009:22) hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajar. Menurut Istarani (2011:92) mengemukakan bahwa : Metode pembelajaran Snowball Throwing merupakan rangkaian penyajian materi ajar yang diawali dengan penyampaian materi, lalu membentuk kelompok dan ketua kelompoknya yang kemudian masing-masing ketua kelompok kembali kekelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya serta dilanjutkan dengan masing-masing peserta didik diberi satu lembar kertas, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok. Prosedur Penelitian ini terdiri dari perencanan, pelaksanaan tindakan, analisis data, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaran metode snowball throwing. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 106833 Tanjung Morawa T.A 2013/2014 yang berjumlah 30 orang. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Data dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis kualitatif.Berdasarkan analisis data, pada tes awal diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 4 orang siswa (13,33%). Setelah pelaksanaan siklus I, diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 13 orang siswa (43,33%). Selanjutnya pada siklus II, diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa lebih meningkat yaitu sebanyak 24 orang siswa (80.00%). Berdasarkan temuan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial materi koperasi kelas IV SD Negeri 106833 Tanjung Morawa T.A 2013/2014. Dan disarankan kepada pembaca agar menggunakan metode pembelajaran snowball throwing sebagai alternatif untuk memperbaiki proses pembelajaran khususnya pada pelajaran IPS. Kepada sekolah agar mengkoordinasikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar. Dan kepada peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian yang sejenis secara tuntas dengan menggunakan metode snowball throwing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.89 Ram m |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran IPS; Metode Pembelajaran; Snowball Throwing; Hipotesis Tindakan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7879 |