Pohan, Yessi Karmalini (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MANDIRI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MAHASISWA SEMESTER IV JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIMED 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
109151068 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
109151068 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
109151068 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
109151068 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
109151068 DAFTAR ISI .pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
109151068 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
109151068 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
109151068 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
109151068 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
109151068 BAB I.pdf - Published Version
Download (564kB) | Preview
109151068 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
109151068 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah dengan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan belajar mandiri mahasiswa semester IV jurusan PGSD universitas negeri medan. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui penggunaan layanan bimbingan kelompok meningkatkan kemampuan belajar mandiri mahasiswa jurusan PGSD di universitas negeri medan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan awal bulan April 2014. Tempat penelitian dilaksanakan di jalan williem iskandar pasar v medan. Subjek penelitian adalah keseluruhan mahasiswa jurusan PGSD kelas A ekstensi yang berjumlah 44 mahasiswa. Sampel penelitian ini berjumlah 10 mahasiswa yang mempunyai kemampuan belajar mandiri rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilaian laiseg, penilaian laijapen, lembar observasi dan lembar BMB3. Hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I pertemuan pertama terdapat 1 orang (10%) yang mampu belajar mandiri, 7 (70%) orang yang cukup mampu belajar mandiri, dan 2 orang (20%) yang kurang mampu belajar mandiri. Pada pertemuan kedua siklus I terdapat 2 (20%) orang yang mampu belajar mandiri, 7 orang (70%) yang cukup mampu belajar mandiri, dan 1 orang (10%) yang masih kurang mampu belajar mandiri. Pada pertemuan ketiga siklus I terdapat 5 orang (50%) yang sudah mampu belajar mandiri, dan 5 orang (50%) yang masih cukup mampu belajar mandiri. Siklus II pertemuan keempat terdapat 5 orang (50%) yang sangat mandiri, 5 orang (50) yang mandiri. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan kelompok mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan belajar mandiri mahasiswa semester IV jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNIMED Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Poh m |
Keywords: | Belajar Mandiri; Motivasi; Bimbingan Kelompok; Layanan; Pelaksanaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 08:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7878 |