Nasution, Syafriska Amelia (2014) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENGEMBANGAN DIRI SISWA KELAS X DI SMA RAKSANA MEDAN T.A. 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
108121041 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108121041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
108121041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
108121041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108121041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
108121041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
108121041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
108121041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
108121041 BAB I.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
108121041 BAB V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
108121041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh pelaksanaan bimbingan kelompok terhadap pengembangan diri siswa kelas X SMA RAKSANA Medan T.A. 2013-2014. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan bimbingan kelompok terhadap pengembangan diri siswa kelas X SMA RAKSANA Medan T.A. 2013-2014.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X di SMA RAKSANA Medan. Sedangkan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa. Subjek dipilih melalui observasi yaitu wawancara dengan guru BK di sekolah.Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pre-test dan post-test. Pre-test diberikan sebelum dilakukan bimbingan kelompok dan post-test diberikan setelah dilakukan bimbingan kelompok.Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen, dengan memberikan perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan subjek penelitian. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menjaring data tentang pengembangan diri siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Dari 40item angket yang disebarkan diketahui ada 32 item yang valid dan ada 8 item yang tidak valid. Teknik analisis data menggunakan uji beda (uji t).Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pelaksanaan bimbingan kelompok terhadap pengembangan siswa kelas X SMA RAKSANA Medan T.A. 2013-2014, hal ini diketahui dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung > harga ttabel = 2,694> 2,262. Maka hipotesa yang menyatakan adanya pengaruh pelaksanaan bimbingan kelompok terhadap pengembangan dirisiswa di SMA RAKSANA Medan, dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Nas p |
Keywords: | Bimbingan kelompok; Pengembangan diri; Layanan; Pelaksanaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7860 |