Gultom, Ike Chaterine (2014) HUBUNGAN PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD DESA BANDAR SETIA KEC.PERCUT SEI TUAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103111028 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1103111028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
1103111028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
1103111028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1103111028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
1103111028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
1103111028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
1103111028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
1103111028 BAB I.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
1103111028 BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
1103111028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
1103111028 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pendidikan Berbasis Karakter dan Hasil Belajar PKn Siswa kelas V SD Desa Bandar Setia Kec.Percut Sei Tuan T.A 2013/2014. Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian deskriptif Korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel yaitu antara Pendidikan Berbasis Karakter Terhadap Hasil Belajar. Adapun Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101765 Bandar Setia dan SD Negeri 101766 Bandar Setia yang berjumlah 181 orang. Sedangkan Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang ada yakni 181 (Total Sampling).Dari hasil penelitian Terdapat Hasil skor angket yang diperoleh dalam keadaan sedang, yaitu dengan skor rata-rata 44,39 sedangkan Hasil belajar siswa yang diperoleh dalam keadaan sedang, yaitu dengan skor rata-rata 79,76. Analisis data dilakukan dengan rumus Product Moment. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan, terdapat Hubungan yang signifikan pendidikan berbasis karakter terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V rxy> rtabel yaitu 0,299.> 0,146 dan nilai thitung > t tabel yaitu 4,194 > 1,973. Sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima dan teruji kebenarannya pada taraf α = 0,05. Sebelum melakukan teknik analisis data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yakni dengan uji normalitas dan uji linieritas yang dapat diperoleh hasilnya kedua variabel berdistribusi tidak normal (Pendidikan berbasis karakter memiliki nilai 0,0 dengan taraf α = 0,05 dan juga Hasil belajar memiliki nilai 0,0 dengan taraf α = 0,05) dan memiliki model regresi linier (F tuna cocok sebesar 0,847 dengan signifikan 0,685 ( di atas 0,05). Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket dan dilakukan berbagai uji persyaratan analisis data terbukti bahwa pendidikan berbasis karakter memiliki Hubungan yang positif terhadap Hasil belajar PKn siswa kelas V SD Desa Bandar Setia Kec. Percut Sei Tuan T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Gul h |
Keywords: | Pengertian Pendidikan; Pengertian Karakter; Pendidikan Berbasis Karakter; Nilai Karakter Siswa; Character Building; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7839 |