Ramadani, Aulia (2014) PENGARUH PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103151006 COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
1103151006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (914kB) | Preview
1103151006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
1103151006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1103151006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
1103151006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
1103151006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
1103151006 BAB I.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
1103151006 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103151006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Masalah belajar yang dialami oleh siswa berkaitan erat dengan keterampilan belajar. Pada kenyataan yang ditemui di lapangan berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah peneliti lakukan, banyak siswa yang memiliki keterampilan belajar yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa melalui bimbingan kelompok teknik diskusi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Adakah pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dalam meningkatkan keterampilan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif antara layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dalam meningkatkan keterampilan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 17 Medan tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah ekperimen semu dengan desain pre-test dan post-test. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dari siswa kelas VIII-2 yang berjumlah 38 siswa sehingga diketahui 10 orang siswa yang akan diberikan layanan bimbingan kelompok. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket yaitu angket keterampilan belajar siswa sebanyak 42 butir yang terlebih dahulu diujicobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid dan reliable.Dilihat dari hasil perhitungan telah diketahui bahwa sebelum diberi layanan bimbingan kelompok teknik diskusi (pre-test) keterampilan belajar siswa rata-rata = 81,5 termasuk kategori sedang, dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok (post-test) keterampilan belajar siswa rata-rata = 102,4 termasuk kategori sedang. Tampak bahwa keterampilan belajar siswa lebih tinggi setelah diberikan layanan bimbingan kelompok, dengan selisih 20,9. Teknik uji hipotesis menggunakan rumus uji (t) yang memperoleh hasil = 13,27 sedangkan harga = 1,833. Berdasarkan hasil temuan penelitian disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu ada pengaruh yang signifikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dalam meningkatkan keterampilan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2013/2014 dapat diterima. Hal ini terlihat dari > (13,27 > 1,833).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Ram p |
Keywords: | Bimbingan Kelompok; Model; Teknik; Diskusi Kelompok; Keterampilan Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 01:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7830 |