Ginting, Meydica Br (2014) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERSOSIALISASI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING PADA MAHASISWA JURUSAN BIMBINGAN KONSELING SEMESTER II UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103151042 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
1103151042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
1103151042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
1103151042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
1103151042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
1103151042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
1103151042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1103151042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1103151042 BAB I.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
1103151042 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
1103151042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bersosialisasi melalui bimbingan kelompok teknik role playing pada mahasiswa jurusan bimbingan konseling semester II tahun ajaran 2013/2014. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah keterampilan bersosialisasi akan meningkat melalui bimbingan kelompok teknik role playing pada mahasiswa jurusan bimbingan konseling semester II tahun ajaran 2013/2014? Penelitian ini menggunakan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis dan Taggart. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan subyek melalui teknik purposive subject dengan 10 subjek penelitian. Penggunaan teknik analisis data kualitatif data.Berdasarkan hasil observasi mahasiswa yang mengalami peningkatan pada pertemuan pertama siklus I sebesar 30% dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua siklus I sebesar 50% masuk pada kategori sedang. Kemudian peningkatan terjadi lagi pada pertemuan ketiga siklus II sebesar 60% masuk kategori cukup baik dan meningkat kembali pada pertemuan keempat pada siklus II sebesar 80% masuk kategori baik. Sedangkan terget yang ingin dicapai 75%, sehingga hipotesis yang berbunyi Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Dapat Meningkatkan Keterampilan Bersosialisasi Pada Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Semester II Universitas Negeri Medan Tahun Ajaran 2013/2014 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Gin m |
Keywords: | Keterampilan; Bersosialisasi; Bimbingan Kelompok; Role Playing; Konselor Sebaya |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7829 |