Fatmala, Kiki Rizki (2014) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP SIKAP GOTONG ROYONG SISWA KELAS X MAN 2 MODEL MEDAN T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103151030 COVER.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
1103151030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
1103151030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
1103151030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1103151030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
1103151030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1103151030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103151030 BAB I.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
1103151030 BAB V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
1103151030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap sikap gotong royong pada siswa kelas X Man 2 Model Medan T.A. 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif antara layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap sikap gotong royong pada siswa kelas X MAN 2 Model Medan T.A2014/2015.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu penelitian dengan memeberikan perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Man 2 Model medan yang memiliki sikap gotong royong rendah yang terdiri dari 10 orang siswa yang ditentukan dari hasil pre-test. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menjaring data tentang sikap gotong royong siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Teknik analisis data menggunakan uji jenjang bertanda wilcoxon.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama diperoleh nilai rata-rata pre-test sikap gotong royong siswa = 97 dan Standart Deviasi (SD) = 10,78 sedangkan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama diperoleh nilai rata-rata post-test sikap gotong royong siswa = 108 dan Standart Deviasi (SD) = 6,95. Dengan demikian pemberian layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama berpengaruh sikap gotong royong siswa kelas X MAN 2 Model Medan T.A. 2014/2015. H0 ditolak karena z hitung < z table, hal ini dapat dilihat dari nilai z hitung adalah -2,803 dan itu lebih kecil dari nilai z tabel yaitu -1,96 artinya terdapat pengaruh yang signifikan dan positif dari pemberian layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap sikap gotong royong siswa kelas X MAN 2 Model Medan T.A. 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Fat P |
Keywords: | Sikap Gottong Royong; ikap; Sikap Positif dan Negative |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 06:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7816 |