Purba, Aswin Donny (2014) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMP AR-RAHMAN MEDAN HELVETIA TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
108321038 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
108321038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (753kB) | Preview
108321038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
108321038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
108321038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
108321038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108321038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108321038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108321038 BAB I.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
108321038 BAB V.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108321038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah “Adakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional pada siswa kelas VIII-C di SMP Swasta Ar-Rahman Medan Tahun Ajaran 2014/2015” ?. penelitian ini bertujuan “Untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional pada siswa kelas VIII-B di SMP Swasta Ar-Rahman Medan”. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan September 2014. Tempat penelitian dilaksanakan di SMP Swasta Ar-Rahman Medan. Jalan Brigjend H. Abdul Manaf Lubis d/h Gaperta Ujung No. 58 Medan Subjek penelitian adalah keseluruhan siswa kelas VIII-B yang berjumlah 28 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 10 siswa yang mempunyai kecerdasan emosional rendah yang ditentukan secara purposive sampling (penarikan sampel secara sengaja) atau rekomendasi data dari guru BK (konselor). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kecerdasan emosional. Angket uji coba kecerdasan emosional yang valid sebanyak 30 butir pertanyaan yang akan diberikan kepada 10 siswa yang mendapatkan perlakuan (Bimbingan Kelompok). Teknik analisis data menggunakan uji beda (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan kecerdasan emosional yang rendah dengan pemberian layanan bimbingan kelompok diperoleh nilai rata-rata Pre-test = 61,3 dan Standard Deviasi (SD) = 6,07 sedangkan nilai rata-rata Post-test = 86,1 dan Standard Deviasi (SD) = 6,53 dengan demikian pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional siswa dapat mengubah kecerdasan emosional yang lebih baik. Dari hasil hipotesis dengan harga ttabel pada N-1 = N-10 pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh sebesar 1,81, maka thitung > ttabel = (15,33 > 1,81) tersebut. “ Ada pengaruh Yang Signifikan Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kecerdasan Emosional Pada Siswa Kelas VIII-B Di SMP Ar-Rahman Medan Helvetia Tahun Ajaran 2014/2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok mempunyai pengaruh terhadap kecerdasan emosional pada siswa kelas VIII-B Di SMP Ar-Rahman Medan Helvetia Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Pur p |
Keywords: | Bimbingan Kelompok; Tujuan dan Manfaat Bimbingan Kelompok; Tahapan Dalam Bimbingan Kelompok; Kecerdasan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 05:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7815 |