Tarman, Yuni Hartarti (2014) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP PEMUSATAN PERHATIAN SISWA DALAM BELAJAR KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNGTIRAM TAHUN AJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103351048 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1103351048-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
1103351048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
1103351048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
1103351048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
1103351048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1103351048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
1103351048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1103351048 BAB 1.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
1103351048 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103351048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi terhadap pemusatan perhatian siswa dalam belajar kelas X SMA Negeri 1 Tanjungtiram Tahun ajaran 2013-2014? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap pemusatan perhatian siswa dalam belajar kelas X SMA Negeri 1 Tanjungtiram tahun ajaran 2013-2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjungtiram yang berjumlah 8 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menjaring data tentang pemusatan perhatian siswa dalam belajar yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Dari 45 item angket yang disebarkan ada 34 item yang valit dan 11 item yang tidak valid, yaitu soal no 5,9,12,18,24,28,34,36,42,43 dan 45. Jadi soal yang diberikan terhadap 8 sampel berjumlah 34 item.teknik analisis data mengunakan uji wilcoxon. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi di peroleh data pre-tes pemusatan perhatian siswa dalam belajarrat-rata 70.7 dan rata-rata post-test pemusatan perhatian siswa dalam belajar adalah sebesar78.3. hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji tanda wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada taraf signifikan hasil perhitungan post-test 5% Jhitung < J (0<6)serta Zhitung (-2,45) < Ztabel (-1,96). Sehingga pemusatan perhatian siswa yang mendapatkan bimbingan kelompok teknik diskusi lebih tinggi dari pada sebelum di lakukan bimbingan kelompok teknik diskusi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Tar P |
Keywords: | Layanan Bimbingan Kelompok; Penyelenggaraan BKP; Kegiatan BKP; Diskusi Kelompok; Perhatian Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7814 |